Donald Trump Ogah Hadiri Pelantikan Joe Biden

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump.
Sumber :
  • Google net

VIVA – Donald Trump diperkirakan akan meninggalkan Gedung Putih menuju West Palm Beach di Florida, beberapa jam sebelum Joe Biden dilantik sebagai Presiden Amerika Serikat. Trump tidak akan menghadiri upacara inagurasi presiden.

Sumber menyebutkan Trump akan memberikan pernyataan terakhir sebagai panglima tertinggi dalam upacara perpisahan di Joint Base Andrews, tempat pesawat Air Force One terparkir. Dari sana, Trump akan terbang dengan Air Force One untuk terakhir kalinya menuju resor pribadi Mar-a-Lago.

Pekan lalu, Trump mengumumkan bahwa dia tidak akan menghadiri pelantikan. Biden pun menyebut, itu adalah satu dari sedikit hal yang disepakati antara dirinya dengan Trump.

Baca juga: Janet Yellen Sebut AS Siap Hadapi Praktik Dagang China, Rupiah Menguat

Dilansir dari CNBC, Trump bukanlah presiden pertama yang tidak menghadiri pelantikan penggantinya. Beberapa presiden lain adalah John Adams, John Quincy Adams dan Andrew Johnson juga tak menghadiri upacara inagurasi presiden baru.

Hari ini merupakan hari terakhir Trump menjabat sebagai presiden. Dia pun merilis sebuah video perpisahan, dengan durasi hampir 20 menit. Di mana dia mengklaim telah berhasil menyelesaikan kampanyenya dengan jargon 'America First.'

"Empat tahun lalu, kami memulai misi untuk menjadikan Amerika hebat bagi semua orang AS. Saat saya mengakhiri masa jabatan sebagai Presiden ke-45 AS, saya berdiri di hadapan Anda benar-benar bangga dengan apa yang telah kita capai bersama," ungkap Trump. (ase)