Pelantikan Joe Biden dalam Rangkaian Foto

Joe Biden dilantik. Getty Images via BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Joe Biden telah resmi dilantik sebagai presiden Amerika Serikat ke-46 - berikut sejumlah foto yang diabadikan seputar acara tersebut.

Alex Wong/Getty Images
Kamala Harris diambil sumpahnya sebagai Wakil Presiden Amerika Serikat yang disaksikan suaminya, Doug Emhoff.
Kevin Lamarque / Reuters
Presiden Biden mengucapkan sumpah sembari meletakkan tangan kirinya di atas sebuah Alkitab yang dimiliki keluarganya sejak 1893. Alkitab itu juga yang digunakan setiap kali dia mengucapkan sumpah saat dilantik sebagai senator Negara Bagian Delaware. Kitab suci itu memiliki tebal 12,5 cm dengan dihiasi salib Celtic pada bagian sampul.
Rob Carr / Getty Images
Setelah dilantik, Presiden Biden menyampaikan pidatonya: "KIta kembali belajar bahwa demokrasi itu berharga. Demokrasi itu rapuh dan pada saat ini, teman-temanku, demokrasi berjaya." Dalam pidatonya, Biden menyempatkan diri untuk mengheningkan cipta bagi mereka yang meninggal dunia akibat pandemi Covid-19.
Jim Lo Scalzo / Getty Images
Di dalam Gedung Capitol, Presiden Biden menandatangani proklamasi Hari Pelantikan serta mengajukan sejumlah figur untuk mengisi kabinet dan sub-kabinet.
Chip Somodevilla / Getty Images
Presiden Joe Biden dan Wakil Presiden Kamala Harris meletakkan karangan bunga di Taman Makam Pahlawan Arlington.
Chip Somodevilla / Getty Images
Presiden Joe Biden dan Ibu Negara Dr Jill Biden tiba di Gedung Putih sambil bergandengan tangan.
Jim Watson / Getty Images
Pasangan presiden dan ibu negara berpelukan sejenak sebelum memasuki Gedung Putih.
Patrick Semansky / EPA
Sebelum Biden mengucapakan sumpahnya sebagai presiden AS, penyair Amanda Gorman membacakan puisinya yang berjudul The Hill We Climb sebagai bagian dari upacara pelantikan. Dalam puisi itu, Gorman menyinggung serangan ke Gedung Capitol awal bulan Januari seraya menggarisbawahi pesan persatuan.
Alex Wong / Getty Images
Lady Gaga juga naik ke panggung guna menyanyikan lagu kebangsaan AS yang disaksikan Biden.
Saul Loeb / EPA
Penyanyi Jennifer Lopez, berinteraksi dengan Kamala Harris dalam upacara pelantikan. Lopez menyanyikan medley This Land is Your Land dan America the Beautiful. Pada penampilannya itu, Lopez mengucapkan kalimat bahasa Spanyol saat menyapa penonton.
Alex Edelman / Getty Images
Ketika Joe Biden prdiambil sumpahnya sebagai presiden AS, mantan Presiden Donald Trump dan mantan Ibu Negara Melania Trump tiba di Bandara Internasional Palm Beach di Florida, untuk melanjutkan perjalanan ke kediamannya di klub golf Mar-a-Lago.
Win McNamee / Getty Images
Joe Biden tiba bersama istrinya, Dr Jill Biden, untuk menghadiri upacara pelantikan di sisi barat Gedung Capitol.
Reuters
Kamala Harris dan suaminya, Doug Emhoff, melambaikan tangan kepada hadirin saat tiba dalam upacara pelantikan. Harris memakai baju ungu, warna yang secara tradisional dipandang sebagai simbol bipartisan lantaran merupakan gabungan warna biru Partai Demokrat dan merah Partai Republik.
Alex Wong/Getty Images
Para tamu tiba dalam upacara pelantikan, termasuk mantan Presiden Barack Obama dan mantan Ibu Negara Michelle Obama.
Rob Carr / Getty Images
Mantan Presiden Bill Clinton juga tiba dengan istrinya, mantan Menteri Luar Negeri Hillary Clinton.
Kent Nishimura / Getty Images
Mantan Presiden George W. Bush dan mantan Ibu Negara Laura Bush bersiap menduduki kursi mereka dalam upacara pelantikan.
Tom Brenner / Reuters
Sebelum upacara pelantikan dimulai, Joe Biden menghadiri ibadah misa di Katedral St Matthew the Apostle di Washington DC.
Leah Mills / Reuters
Donald dan Melania Trump meninggalkan Gedung Putih dan bersiap menumpang Marine One. Mereka tidak menghadiri upacara pelantikan Joe Biden dan Kamala Harris.
Alex Edelman / AFP
Donald Trump menyampaikan pidato terakhirnya sebagai presiden di Pangkalan Militer Andrews. Trump mengatakan dirinya merasa "sangat terhormat" menjadi presiden.
Caitlin Ochs / Reuters
Pendukung Biden, Teri McClain, sengaja datang dari Seattle untuk menyaksikan upacara pelantikan.
Mike Segar / Reuters
Joe Biden dan Kamala Harris, beserta pasangan mereka masing-masings, melambaikan tangan ke arah National Mall, yang biasanya dipenuhi hadirin saat upacara pelantikan namun kini relatif sepi akibat pandemi.
Yegor Aleyev / Tass / Getty Images
Keamanan berlangsung ketat di Washington DC sebelum dan saat upacara pelantikan berlangsung. Sekitar 25.000 personel keamanan dikerahkan menyusul serangan ke Gedung Capitol pada 6 Januari lalu.
Reuters
Dua foto ini menggambarkan suasana upacara pelantikan dua presiden terdahulu di National Mall. Foto kiri adalah suasana pelantikan Donald Trump pada pukul 12:01, 20 Januari 2017. Foto kanan adalah situasi ketika Barack Obama dilantik antara pukul 12:07 dan 12:26 pada 20 Januari 2009.
Reuters
Suasana pelantikan Joe Biden dan Kamala Harris di National Mall.
National Park Service/Reuters
National Mall di Washington dipenuhi bendera AS, sebagai simbol orang-orang yang tidak dapat menghadiri upacara pelantikan akibat pandemi Covid-19.

Semua foto dilindungi hak cipta.