Halo
Pembaca

VIVANetworks

News

Bola

Sport

Showbiz

LifeStyle

Otomotif

Digital

Ragam

Militer

Netizen

Lintas

Informasi

Inilah Sejumlah Upacara Pelantikan 'Luar Biasa' Para Presiden AS

Jumat, 22 Januari 2021 | 08:32 WIB
Foto :
  • dw
DB/dpa/picture-alliance

"Makna klasik dari upacara pelantikan adalah serah terima kekuasaan dalam upacara damai," kata JÃrgen Martschukat, ahli sejarah AS di Universitas Erfurt, Jerman. Memang ketidakhadiran Donald Trump dalam pelantikan Joe Biden adalah kejadian yang "tidak sewajarnya".

Sejak George Washington menjadi presiden pertama Amerika Serikat dan mengucapkan sumpah jabatan pada 30 April 1789, pengalihan kekuasaan kepresidenan hampir selalu dihadiri oleh pendahulu, yang melakukan serah terima kepada presiden yang baru. Tetapi kali ini, Donald Trump lebih dulu meninggalkan ibukota dan kembali ke rumahnya di Florida. Dia sebelumnya juga sudah menyatakan bahwa dia tidak akan hadir.

Baca Juga

Tapi hal itu bukan pertama kali terjadi. Thomas Jefferson berjalan ke ruang Senat di Capitol pada 4 Maret 1801 tanpa disertai pendahulunya, hanya diiringi oleh anggota Kongres dan pengawal bersenjata. Dia melakukan sumpah jabatan dalam hitungan menit, sementara band Marinir bermain untuk pertama kalinya, hal yang di kemudian hari mereka lakukan pada setiap pelantikan. Itu adalah pelantikan pertama di ibu kota yang baru saja didirikan, dan pelantikan pertama yang tidak dihadiri presiden pendahulu. John Adams tidak ambil bagian, karena masih kecewa dengan kekalahannya dalam pemilihan.

Pelantikan presiden baru setelah Kennedy terbunuh

Topik Terkait
Saksikan Juga
Terpopuler