Halo
Pembaca

VIVANetworks

News

Bola

Sport

Showbiz

LifeStyle

Otomotif

Digital

Ragam

Militer

Netizen

Lintas

Informasi

WHO Akan Berikan Izin Penggunaan Sejumlah Vaksin Corona

Jumat, 22 Januari 2021 | 10:49 WIB
Foto :
  • dw
Christof STACHE/AFP

Badan Kesehatan Dunia (WHO) berencana untuk memberikan izin penggunaan beberapa vaksin COVID-19 dari sejumlah produsen di negara Barat dan juga Cina dalam beberapa pekan hingga beberapa bulan mendatang. Ini bertujuan agar negara-negara miskin segera mendapatkan vaksin virus corona.

COVAX, skema penyediaan vaksin COVOD-19 global yang dipimpin oleh WHO, ingin menyediakan sedikitnya 2 miliar dosis vaksin corona di seluruh dunia tahun ini, di mana 1,3 miliar dosis ditujukan untuk negara-negara miskin.

Baca Juga

Namun, hal ini menemui kendala seperti kurangnya dana yang mencukupi, karena negara-negara kaya telah memesan vaksin dalam jumlah besar untuk mereka sendiri.

Dalam perlombaan penyediaan vaksin, persetujuan dari regulator adalah kunci mengonfirmasikan efektivitas dan keamanan vaksin, dan untuk meningkatkan produksi. Tetapi beberapa negara miskin sangat bergantung pada persetujuan WHO karena memiliki kapasitas regulator yang terbatas.

Sejauh ini WHO baru memberikan izin penggunaan kepada vaksin buatan BioNtech-Pfizer pada akhir Desember 2020.

Oleh karena itu, WHO "mempercepat" persetujuan penggunan darurat, menurut dokumen internal COVAX yang dilihat oleh kantor berita Reuters.

Vaksin mana saja yang akan disetujui?

Topik Terkait
Saksikan Juga
Terpopuler