Kisah Champ, Major dan Hewan-hewan Peliharaan Gedung Putih

BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Anjing-anjing Presiden Joe Biden telah tiba di Gedung Putih, melanjutkan kembali tradisi memelihara hewan di sana.

Donald Trump adalah presiden AS pertama dalam 100 tahun lebih yang tidak memiliki hewan peliharaan.

White House / Adam Schultz
Bidens memelihara Champ sejak 2008, setelah Biden terpilih sebagai wakil presiden.

Dua anjing gembala Jerman Biden - Champ dan Mayor - bergabung dengan presiden dan ibu negara selama akhir pekan dan tampak seperti berada di rumah sendiri di halaman Gedung Putih.

Anjing-anjing ini memiliki basis penggemar yang besar di media sosial. Halaman Twitter atas nama kedua anjing itu memiliki puluhan ribu pengikut.

Kedua anjing itu difoto di Gedung Putih pada hari Minggu, beberapa hari setelah pemiliknya pindah ke sana.

"Champ sedang menikmati tempat tidur barunya di dekat perapian dan Mayor senang berlarian di South Lawn," kata sebuah pernyataan dari Gedung Putih.

Kedua hewan peliharaan itu terdengar menggonggong pada hari Senin ketika pemiliknya berbicara kepada pers di Oval Office.

Berikut ini sekilas tentang apa yang kami ketahui tentang anjing-anjing presiden yang baru juga peliharaan presiden-presiden sebelumnya.

Champ dan Major

Biden memelihara Champ, yang saat itu masih anak anjing, setelah ia terpilih sebagai wakil presiden pada tahun 2008.

Istrinya, Jill, menjanjikan hewan peliharaan pasca pemilihan dan memperlihatkan foto-foto anjing yang berbeda padanya di belakang kursi pesawat kampanye saat itu, menurut Politico.

Nama, yang dipilih oleh cucu Biden memiliki makna sentimental.

Dalam pidato kampanye untuk pemilu 2008, dia mengingat bagaimana ayahnya akan mengatakan kepadanya, "Setiap kali Anda dijatuhkan, champ, bangkitlah!"

Major dirawat dan kemudian diadopsi pada 2018 dari Delaware Humane Association.

White House / Adam Schultz
Major di halaman Gedung Putih

Bo dan Sunny

Anjing air Portugis Bo dan Sunny tinggal di Gedung Putih selama masa kepresidenan Barack Obama.

Ketika dia mendeklarasikan kemenangannya, Obama memberi tahu putri-putrinya, "Kalian berhak mendapatkan anak anjing baru yang ikut bersama kita ke Gedung Putih."

Bo diberikan sebagai hadiah untuk anak-anak Obama dari Senator Ted Kennedy pada tahun 2009, sedangkan Sunny dipelihara pada Agustus 2013.

Bo, yang memiliki bulu putih di bagian dada juga Sunny yang berbulu serba hitam kemudian menjadi populer, bahkan membantu tugas resmi.

The White House
Sunny dan Bo.

"Semua orang ingin melihat mereka dan mengambil foto," kata Michelle Obama selama suaminya menjadi presiden.

"Saya mendapatkan memo di awal bulan yang terkait dengan jadwal mereka dan saya harus menyetujui penampilan mereka."

Buddy dan Socks

Bill Clinton memiliki Labrador cokelat bernama Buddy selama menjadi presiden, serta seekor kucing bernama Socks.

Kedua binatang itu sering bertengkar dan New York Times dengan berseloroh menyebut mereka `musuh bebuyutan`.

Getty Images

Clinton mengatakan kepada wartawan pada tahun 2000 bahwa Buddy kadang-kadang tidur di sampingnya ketika istrinya pergi.

"Dia teman sejatiku," katanya.

Hillary Clinton bahkan menulis buku tentang kedua hewan peliharaan tersebut, berjudul Dear Socks, Dear Buddy, yang memuat surat dari anak-anak dan detail tentang persaingan dan kebiasaan mereka.

Nona Beazley dan Barney

Di antara hewan peliharaannya, George W Bush memiliki dua Anjing Terrier Skotlandia bernama Miss Beazley dan Barney saat dia menjabat sebagai presiden.

Getty Images

Anjing-anjing tersebut tampil dalam video yang dirilis oleh Gedung Putih seperti "A Very Beazley Christmas" dan "Barney Cam".

Bush menggambarkan Miss Beazley sebagai "sumber kegembiraan", dan mengatakan dia dan Barney sama-sama senang berada di alam bebas.

Yuki

Anjing favorit Presiden Lyndon B Johnson adalah anjing campuran terrier bernama Yuki.

Putri Johnson, Luci, menemukan Yuki di sebuah pompa bensin di negara bagian asalnya Texas pada Hari Thanksgiving pada tahun 1966, menurut situs web Presidential Pet Museum, yang mengumpulkan informasi tentang hewan peliharaan Gedung Putih.

Getty Images
Anjing favorit Presiden Lyndon B Johnson adalah anjing campuran terrier bernama Yuki.

Luci memberikan anjing itu kepada Johnson sebagai hadiah ulang tahun tahun berikutnya.

Johnson dan anjing itu melakukan segalanya bersama, mulai dari menghadiri rapat kabinet hingga berenang.

"Mereka memiliki ikatan yang sangat signifikan yang mempersonifikasikan semangat Amerika: Hanya di Amerika seorang anak laki-laki miskin dari Johnson City bisa berakhir di Gedung Putih," kata cucu Johnson.

Fala

Di antara anjing-anjing Gedung Putih, yang paling terkenal adalah Anjing Terrier Fala Skotlandia kesayangan Franklin D Roosevelt.

Fala diberikan kepada Roosevelt oleh sepupunya pada tahun 1940, dan presiden menamainya Murray the Outlaw of Falahill, sebagaimana nama leluhurnya dari Skotlandia.

Fala diberikan tulang yang dibawa di nampan sarapan presiden setiap pagi.

Seorang sekretaris kemudian ditunjuk untuk menjawab surat penggemar Fala, menurut keterangan Perpustakaan dan Museum Kepresidenan Franklin D Roosevelt.

Presiden juga memberi kue khusus untuk ulang tahun Fala.

Getty Images

Dalam kampanye tahun 1942, Fala menyumbangkan mainannya untuk mempromosikan pengumpulan karet bekas untuk keperluan perang.

Film tentang Fala telah dibuat dan anjing itu bahkan diabadikan di sebuah patung di samping patung Roosevelt di Memorial Franklin Delano Roosevelt di Washington DC.

Macaroni

Bukan hanya kucing dan anjing yang menyandang gelar terhormat sebagai "hewan peliharaan pertama". Ada juga burung, hamster, dan bahkan kuda poni.

Macaroni adalah hadiah untuk putri John F Kennedy, Caroline dari Lyndon B Johnson.

Getty Images

Kuda poni itu biasanya ada di kandang di Virginia tetapi sering juga datang ke Gedung Putih, di mana ia terlihat berkeliaran di sekitar halaman.

Menurut keterangan Presidential Pet Museum, ketika Jackie Kennedy sedang memberikan tur kepada permaisuri Iran, Farah Pahlavi, Macaroni mendorong tamu itu untuk memakan bunga daffodil yang dibawanya.

Seperti hewan peliharaan presiden lainnya, Macaroni menjadi terkenal, menerima surat dari penggemar dan bahkan muncul di sampul majalah Life.