Percakapan Telepon Pertama Biden dan Putin, Apa Saja yang Dibicarakan?

BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Presiden AS Joe Biden telah memperingatkan pemimpin Rusia Vladimir Putin terkait campur tangan pada pemilihan umum, dalam telepon pertama mereka sebagai rekan, kata Gedung Putih.

Pembicaraan itu termasuk diskusi tentang protes oposisi yang sedang berlangsung di Rusia dan perpanjangan pakta senjata nuklir AS-Rusia.

Putin memberi selamat kepada presiden AS yang baru karena memenangkan pemilu, menurut pernyataan resmi Rusia.

Kedua belah pihak mengatakan mereka setuju untuk mempertahankan kontak di masa mendatang.

Mantan presiden AS Donald Trump dianggap lemah terhadap Rusia dan dituduh oleh beberapa orang terlalu menghormati Putin.

Tetapi mantan presiden Barack Obama juga dikritik karena gagal bertindak ketika Kremlin menginvasi Krimea, menyerbu Ukraina timur, dan menyerang Suriah.

Apa yang Gedung Putih dan Kremlin katakan tentang panggilan tersebut?

"Presiden Biden menjelaskan bahwa Amerika Serikat akan bertindak tegas dalam membela kepentingan nasionalnya dalam menanggapi tindakan Rusia yang merugikan kita atau sekutu kita," kata Gedung Putih dalam sebuah pernyataan singkat, merujuk pada poin pembicaraan utama seruan Selasa sore, tetapi tidak mencantumkan rincian lebih lanjut.

AS mengatakan bahwa kedua presiden juga membahas serangan dunia maya besar-besaran SolarWinds, yang dituduhkan kepada Moskow; laporan bahwa Kremlin memberikan hadiah kepada tentara AS di Afghanistan; dan peracunan aktivis oposisi Rusia Alexei Navalny.

Pernyataan Kremlin tidak mencantumkan isu-isu yang menurut Gedung Putih diangkat oleh Biden, yang di masa lalu menyebut Putin sebagai "preman KGB".

Para pejabat Rusia mengatakan presiden Rusia "mencatat bahwa normalisasi hubungan antara Rusia dan Amerika Serikat akan sesuai dengan kepentingan kedua negara dan - dengan mempertimbangkan tanggung jawab khusus mereka untuk menjaga keamanan dan stabilitas di dunia - dari seluruh komunitas internasional".

"Secara keseluruhan, percakapan antara para pemimpin Rusia dan Amerika Serikat bersifat praktis dan terbuka," tambah pernyataan Kremlin.

Kedua pemimpin itu tampaknya menyegel kesepakatan untuk memperbarui New Start, kesepakatan era Obama yang membatasi jumlah ujung peledak senjata nuklir, rudal, dan peluncurnya dalam persenjataan nuklir AS-Rusia.

Kesepakatan itu akan berakhir bulan depan, dan Trump menolak untuk melanjutkannya.


Biden tidak mau konfrontasi

BBC

Joe Biden telah mengindikasikan bahwa dia akan lebih keras terhadap Vladimir Putin daripada Donald Trump, yang menolak untuk menantang Kremlin dan sering meragukan campur tangan Rusia dalam pemilu 2016.

Mengenai masalah itu, Biden membuat keputusan yang berbeda jauh dengan Trump. Ia dilaporkan memberi tahu Putin bahwa dia tahu Rusia telah mencoba ikut campur dalam pemilu 2016 dan 2020.

Dia juga memperingatkan presiden Rusia bahwa AS siap untuk mempertahankan diri dari spionase dunia maya dan serangan lainnya.

Terlepas dari pendekatan damai Trump, Kremlin tidak mendapat keuntungan dari kepresidenannya karena pemerintahannya memberi sanksi berat kepada Rusia untuk berbagai masalah, mulai dari Ukraina hingga serangan terhadap para pembangkang.

Joe Biden dan tim kebijakan luar negerinya akan mengambil posisi yang kuat tentang hak asasi manusia dan tujuan Putin di Eropa.

Tapi mereka tidak mencari konfrontasi.

Sebaliknya, mereka berharap untuk mengelola hubungan dan bekerja sama jika memungkinkan.

Terkait itu, kedua presiden setuju untuk menyelesaikan perpanjangan perjanjian kontrol senjata Start yang baru sebelum kesepakatan itu berakhir bulan depan.


Apa lagi yang Biden lakukan hari ini?

Telepon dengan Kremlin datang ketika calon Menteri Luar Negeri Biden, Antony Blinken, dikonfirmasi oleh Senat dengan pemilihan yang hasilnya 78-22.

Biden kemudian muncul di Gedung Putih untuk menandatangani empat perintah eksekutif yang ditujukan untuk menangani apa yang disebutnya rasialisme sistemik AS.

"Ini adalah waktu untuk bertindak karena inilah nilai-nilai inti dari bangsa yang harus kita lakukan. Saya yakin mayoritas Demokrat, Republik dan Independen berbagi nilai-nilai ini dan ingin kita bertindak juga," kata Biden.

Presiden memerintahkan Departemen Kehakiman untuk tidak memperbarui kontrak dengan operator penjara swasta, meskipun para aktivis mencatat bahwa perintah tersebut tidak mencakup pusat penahanan imigrasi yang dikelola secara pribadi.

Biden juga mengarahkan Departemen Perumahan dan Pembangunan Perkotaan untuk mengambil langkah-langkah untuk memberantas rasialisme dari kebijakan perumahan.

Menurut Washington Post, departemen itu akan menerapkan kembali aturan tahun 2013 yang disebut `disparate impact` yang bertujuan untuk menghalangi sektor real estat meminta penyewa menjalani pemeriksaan latar belakang kriminal atau menggunakan kecerdasan buatan untuk memperkirakan kelayakan kredit.

Perintah baru tersebut juga menegaskan kembali komitmen pemerintah AS untuk menghormati kedaulatan masyarakat adat. Ini tidak dilihat sebagai perubahan signifikan dari kebijakan federal yang ada, tetapi beberapa pejabat penduduk asli Amerika mengatakan keberatan mereka terhadap keputusan terkait lahan publik diabaikan di bawah pemerintahan Trump.

Biden juga menandatangani kebijakan yang menolak diskriminasi terkait virus corona terhadap komunitas Asia-Amerika dan Kepulauan Pasifik.

Sementara itu, Wakil Presiden Kamala Harris menerima dosis vaksin virus corona keduanya di sebuah badan kesehatan federal di Washington DC.

Dia mengatakan: "Saya ingin mendorong semua orang untuk divaksin saat giliran Anda tiba."

Harris dikritik selama kampanye pemilu tahun lalu setelah dia menyatakan keraguan tentang keamanan vaksin apa pun yang mungkin dikembangkan di bawah Trump.

Vaksin buatan Moderna yang diterimanya pada hari Selasa telah disetujui oleh pejabat kesehatan di bawah pemerintahan Trump.

Biden juga mengumumkan pada hari Selasa bahwa pemerintahannya berencana untuk membeli 100 juta lebih dosis, masing-masing dari Pfizer dan Moderna sehingga dapat menyuntik hampir seluruh orang Amerika pada akhir musim panas ini.