Ulama Redam Kekerasan Gangster di Afrika Selatan dengan Zikir

BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc
BBC/Shiraaz Mohamed

Sebuah tim ulama di Afrika Selatan telah menjalankan misi selama tiga tahun terakhir untuk membawa perdamaian ke Manenberg dan daerah lain di Cape Town yang didera masalah kekerasan geng dan narkoba.

Fotografer Shiraaz Mohamed menemani mereka dalam salah satu kunjungan mingguan mereka:

BBC/Shiraaz Mohamed

Hampir setiap Kamis malam, para cendekiawan pergi ke gang-gang Cape Town untuk melakukan "zikir".

BBC/Shiraaz Mohamed

Selama tiga tahun terakhir tidak pernah ada perkelahian geng selama ibadah yang dilaksanakan selama satu setengah jam itu, kata penyelenggara.

Biasanya antara 100 hingga 400 orang hadir. Ada satu ibadah yang didedikasikan untuk memerangi kekerasan berbasis gender - sebuah masalah besar di Afrika Selatan. Acara itu dihadiri hampir 2.000 orang.

"Ini bukan tentang angka-angka. Yang luar biasa adalah bahwa terlepas dari semua kondisi yang terjadi, kami dapat menjalankan zikir secara konsisten selama tiga tahun terakhir," kata penyelenggara Sheikh Mogamad Saalieg Isaacs.

BBC/Shiraaz Mohamed

Manenberg adalah kotapraja yang didirikan oleh pemerintah apartheid pada 1960-an untuk orang kulit berwarna berpenghasilan rendah, yang merupakan istilah resmi untuk orang-orang dari ras campuran di negara tersebut.

Rezim minoritas kulit putih pada saat itu secara paksa memisahkan komunitas berdasarkan ras, memungkinkan orang kulit putih untuk tinggal di daerah kota yang makmur.

Kotapraja ini diperkirakan memiliki populasi lebih dari 52.000 orang, yang sebagian besar beragama Kristen, dan pengangguran. Kemiskinan, kejahatan, dan kekerasan geng tersebar luas.

BBC/Shiraaz Mohamed

Saat ini ada gencatan senjata di Manenberg antara geng-geng tersebut, setelah terjadi periode intens perkelahian geng - meskipun beberapa jam sebelum zikir ada penembakan di flat-flat ini.

Selama akhir pekan, empat pria tewas dalam penembakan geng yang terlihat di dekat Dataran Mitchells.

Penyelenggara zikir merasa bahwa kekerasan tidak akan pernah ada habisnya karena pemerintah tidak melakukan upaya yang tepat untuk menanganinya.

Bagi Sheikh Isaacs, dialog yang melibatkan tokoh-tokoh agama yang berbeda di komunitas yang ada akan menjadi awal yang baik: "Kejahatan tidak memiliki batasan dan tidak membedakan agama."

Dia juga merasa pihak berwenang harus menangani kepadatan yang berlebihan - dan membantu orang-orang pindah ke daerah lain, alih-alih membangun lebih banyak rumah susun di kotapraja. Ia juga berharap keberadaan pasukan keamanan dapat ditingkatkan.

BBC/Shiraaz Mohamed

Cape Malays, komunitas etnis campuran Asia yang telah ada di Afrika Selatan selama beberapa generasi, melakukan zikir dengan alunan nada yang unik.

Beberapa orang Kristen yang tinggal di kotapraja juga hadir - dan menonton acara itu dari apartemen terdekat mereka.

BBC/Shiraaz Mohamed

Sheikh Sameeg Norodien, salah satu pendiri sesi zikir Manenberg, menyiapkan sepanci makanan untuk para umat.

Di Cape Town, orang-orang akan diberi kue atau sesuatu yang manis untuk dimakan - yang dikenal sebagai "niyaz" - setelah pertemuan.

Namun, oleh karena Manenberg adalah komunitas yang miskin, para umat diberi makanan hangat setelah zikir.

BBC/Shiraaz Mohamed

Manenberg dinyatakan sebagai "zona bahaya merah" oleh pihak berwenang pada pertengahan 2015 dan selama beberapa bulan ambulans tidak dapat memasuki daerah tersebut kecuali dikawal oleh polisi.

Namun, para gangster di daerah tertentu kini sering membantu para ulama meletakkan sajadah di awal ibadah, kata Sheikh Isaacs.

"Ada periode tertentu antara 2018 dan 2019, saat-saat kejahatan di Manenberg menurun selama kami mengadakan program zikir," katanya.

BBC/Shiraaz Mohamed

Para penyelenggara telah menerima penghargaan dari polisi di Manenberg untuk peran mereka melaksanakan zikir.

Tujuan jangka pendek dari ritual ini adalah untuk membawa kedamaian, ketenangan dan kedamaian ke perkampungan, tujuan jangka panjang mereka adalah untuk meningkatkan hubungan dengan otoritas terkait demi membersihkan wilayah itu dari narkoba dan kekerasan geng.

BBC/Shiraaz Mohamed

Anak-anak diperingatkan tentang dampak narkoba dan didorong untuk mengikuti sesi zikir dengan harapan mereka tidak bergabung dengan kelompok gangster dan pengedar narkoba.

Komunitas Kristen dikatakan sangat menghormati sesi zikir dan penyelenggara berharap untuk menunjukkan bahwa Muslim adalah orang yang tenang dan tanpa kekerasan.

BBC/Shiraaz Mohamed

Tamu undangan atau cendekiawan diundang untuk berbicara setiap hari Kamis. Di sini terlihat Syekh Hasan Pandy berbicara tentang pentingnya ibu.

Pembicara tamu menggunakan pengeras suara, sehingga suara pesan mereka - yang mencakup topik dari kesetaraan gender hingga penyalahgunaan narkoba - dapat didengar oleh orang lain.

Penyelenggara mencoba dan mendapatkan seorang pendeta Kristen sebagai pembicara tamu dalam beberapa sesi.

BBC/Shiraaz Mohamed

"Zikir telah membuat ketenangan di Manenberg," kata Sheikh Isaacs.

"Kami hanya melakukannya seminggu sekali. Jika kami bisa menyelenggarakan program zikir setiap hari, itu akan memiliki efek yang luar biasa, tetapi karena alasan logistik kami tidak bisa."

Semua foto dilindungi hak cipta.