Fakta Terkini Pandemi COVID-19 di Dunia 

Rabu (15/9) siang ini, Pemerintah kembali kedatangan vaksin COVID-19.
Sumber :

VIVA – Jumlah kasus COVID-19 di dunia, pada Kamis, 16 September 2021 pukul 18.00 WIB berdasarkan data worldometers.info tercatat telah mencapai 227.342.315 kasus. Dilaporkan jumlah kematian terkait COVID-19 mencapai 4.675.187 kasus. Sedangkan jumlah orang yang sembuh dari COVID-19 tercatat 204.034.407 orang.

Virus corona sudah menyebar ke 221 negara dan kawasan di seluruh dunia. Negara dengan kasus COVID-19 terbanyak adalah Amerika Serikat dengan jumlah kasus mencapai 42,48 juta jiwa dan jumlah kematian 685 ribu orang. Diikuti oleh India dengan 33,34 juta kasus dan total kematian 444 ribu orang.

Jumlah kasus terbanyak ketiga yakni Brasil dengan 21 juta orang terkonfirmasi positif COVID-19. Sedangkan jumlah kematian akibat COVID-19 di negara Amerika Latin itu sebanyak 558.640 kasus. 

Indonesia berada di peringkat ke-13 dalam Worldometer dengan jumlah kasus COVID-19 sebanyak 4,1 juta kasus dan 139.682 kematian. Berikut fakta-fakta COVID-19 di dunia. 

Indonesia 

Indonesia sedang dalam pembicaraan dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), dan enam perusahaan obat untuk menjadi pusat global untuk pembuatan vaksin, kata Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, kepada Reuters seperti dilansir CNA, Kamis 16 September 2021. Seorang juru bicara WHO juga mengonfirmasi minat Indonesia itu, tetapi menolak untuk mengatakan apakah Indonesia adalah kandidat utama.

Merinci strategi ambisius untuk pertama kalinya, Budi Gunadi Sadikin mengatakan, dalam sebuah wawancara bahwa Indonesia akan memulai inisiatif dengan memprioritaskan pembelian vaksin COVID-19 dari perusahaan yang berbagi teknologi, dan mendirikan fasilitas di Indonesia.

"Kami bekerja sama dengan WHO untuk menjadi salah satu pusat manufaktur global untuk mRNA," katanya.  

Singapura 

Singapura telah kembali ke kehidupan normal, meski jumlah kasus COVID-19 masih bertambah. Pemerintah Singapura melonggarkan aturan pembatasan pergerakan dan mengizinkan para pekerja migran yang sudah divaksin lengkap mengunjungi tempat-tempat umum. 

Thailand

Kota Bangkok akan dibuka kembali untuk wisatawan internasional pada 15 Oktober, setelah setidaknya 70 persen penduduknya diharapkan telah divaksinasi sepenuhnya.

Keputusan itu muncul setelah diskusi antara Menteri Pariwisata dan Olahraga Thailand, Pipat Ratchakitprakan, dan Gubernur Bangkok, Aswin Kwanmuang, pada Rabu 15 September 2021.

Inggris 

Pemerintah Inggris telah mengumumkan program penguat (booster) vaksin COVID-19 untuk orang yang lebih tua dan lebih rentan, segera setelah Perdana Menteri Boris Johnson mengandalkan vaksin daripada penguncian lebih lanjut. Johnson membatalkan pembatasan virus corona terakhir di Inggris pada Juli dengan tujuan "kembali normal".

Para pejabat mengatakan vaksin COVID-19 telah menyelamatkan lebih dari 112.000 nyawa dan mencegah 24 juta infeksi ketika mereka mengusulkan suntikan ketiga untuk petugas kesehatan garis depan dan mereka yang berusia di atas 50 tahun atau rentan secara klinis, dimulai dengan orang yang paling berisiko.

Amerika Serikat

Amerika Serikat tengah mengembangkan “sistem perjalanan internasional” yang baru di mana didalamnya termasuk upaya pemberlakuan contact tracing (pelacakan kontak). Sistem tersebut akan diberlakukan ketika Amerika mulai membuka kembali negaranya untuk para pendatang, demikian disampaikan oleh seorang pejabat senior Gedung Putih, pada Rabu (15/9).

Reuters pertama melaporkan pada awal Agustus bahwa Gedung Putih sedang mengembangkan persyaratan masuk vaksin yang berlaku untuk hampir semua pengunjung asing. Sebelumnya Gedung Putih sudah memberi konfirmasi, pihaknya sedang mempertimbangkan untuk mensyaratkan vaksinasi bagi pengunjung asing.


India siap kembali ekspor Vaksin COVID-19

India mengatakan pihaknya sudah hampir selesai memeriksa kelanjutan dari proses ekspor vaksin COVID-19 ke seluruh dunia, khususnya Afrika yang sangat membutuhkan.

India adalah produsen vaksin terbesar, tetapi negara tersebut menghentikan ekspor pada April lalu untuk melawan lonjakan infeksi COVID-19 di dalam negeri yang kini situasinya sudah berhasil dikendalikan kembali.

Sebuah sumber yang tidak mau disebutkan namanya mengatakan kepada Reuters bahwa India kini mengalami surplus vaksin setelah setidaknya 61 persen dari total penduduk India menerima dosis pertama dari vaksin COVID-19. Total jumlah penduduk di diperkirakan mencapai 944 juta orang.
 

Uni Eropa

Para kepala negara Eropa, Rabu (15/9) menyerukan negara-negara kawasan itu bersama-sama memberikan contoh bagi dunia tentang vaksinasi global, lingkungan dan transfer teknologi setelah bertemu dalam sebuah forum di Roma, Italia.

Presiden Jerman Frank-Walter Steinmeier mendesak negara-negara Uni Eropa untuk "fokus pada kekuatan model kerjasama kita", sekaligus menambahkan bahwa ia "yakin" negara-negara tersebut dapat bersama-sama membuat "kemajuan secara nyata" terhadap isu-isu utama dunia.