Halo
Pembaca

VIVANetworks

News

Bola

Sport

Showbiz

LifeStyle

Otomotif

Digital

Ragam

Militer

Netizen

Insight

Informasi

KJRI Jeddah Beberkan Diplomasi Umrah ke Arab Saudi

Rabu, 22 September 2021 | 01:06 WIB
Foto :
  • Ist
Konsul Haji KJRI Jeddah, Endang Jumali (kanan)

VIVA – Konsul Haji-KJRI Jeddah, Endang Jumali membeberkan sejumlah diplomasi terus dilakukan kepada pemerintah Arab Saudi agar warga Indonesia dapat melaksanakan ibadah umrah di Arab Saudi di tengah pandemi COVID-19. 

Diantara upaya yang telah dilakukan adalah pertemuan dengan Dirjen Kemenkes Saudi bulan Juni 2021, pertemuan dengan Wakil Menteri Haji, Deputy Bidang Umrah bulan Agustus 2021, Pertemuan dengan Keimigrasian Arab Saudi dan Pertemuan dengan Komite Nasional Haji dan Umroh Arab Saudi.

Baca Juga

Ia menuturkan, dalam pertemuan dengan pihak imigrasi Arab Saudi juga sudah dilakukan beberapa kali. Bahkan, ia mencoba untuk melakukan pengecekan QR Code sertifikat vaksin. Tapi, ternyata QR Code sertifikat vaksin Indonesia belum terbaca di bandara Arab Saudi. 

"Pengamatan di lapangan QR Code menjadi hal mutlak. Kami mencoba membaca QR Code belum bisa terbaca. Berbeda negara Nigeria (yang sudah terbaca). Sertifikat vaksin berlaku 14 hari. Sertifikat vaksin Sinovac dan booster ini menjadi syarat mutlak," ujar Endang melalui webinar di Jakarta, Selasa, 21 September 2021. 

Ia juga menyebutkan ada beberapa permasalahan bagi jemaah umrah Indonesia jika pelaksanaan umrah di masa pandemi mulai dibuka, seperti masalah status penerbangan, kasus COVID-19 secara global khususnya di Indonesia. 

Kemudian, adaptasi, prosentasi jemaah terpapar COVID-19 saat tiba di Tanah Suci, metode PCR, soal harga perjalanan umrah dan juga soal vaksin. "Harga sangat kita perhatikan dimana transportasi harus 50 persen," ujarnya. 

Sebelumnya, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas akan segera melakukan kunjungan kerja ke negara Arab Saudi. Hal ini guna melakukan lobi tingkat tinggi kepada pemerintah Arab Saudi agar rakyat Indonesia bisa kembali melaksanakan ibadah umrah di tengah pandemi COVID-19. 

Topik Terkait
Saksikan Juga
Terpopuler