Kabar Baik Jumlah Beasiswa Pelajar RI ke Rusia Ditambah, Ayo Daftar

Dubes Rusia Lyudmila Vorobieva dalam konferensi pers
Sumber :
  • VIVA/Ezra Natalyn Sihite

VIVA – Pemerintah Rusia akan menambah kuota beasiswa bagi warga Indonesia yang ingin menuntut ilmu ke negara tersebut. Duta Besar (Dubes) Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobieva  menjelaskan bahwa penambahan itu dilakukan karena permintaan dan minat yang cukup besar para calon penerima beasiswa.

Sedianya kuota pemberian beasiswa dari pemerintah Rusia hanya 136 pelajar. Namun untuk tahun depan ada penambahan 100 beasiswa hingga akan total menjadi 236 dalam program pendidikan dibiayai tersebut.

"Ada permintaan yang cukup besar setiap tahunnya dari generasi muda Indonesia. Oleh karena itu pemerintah Rusia memutuskan untuk menambah kuota," kata Lyudmila Vorobieva melalui konferensi pers Kedubes Rusia via Zoom Meeting pada Rabu, 22 September 2021.

Adapun beasiswa ini bisa diberikan untuk tingkatan studi master (S2) dan juga doktoral (S3).

"Hal ini tentu akan menjadi kerja sama yang semakin baik dalam hal pendidikan dua negara," lanjut Dubes Vorobieva.

Dia mengatakan, beasiswa bisa didapatkan untuk berbagai bidang. Namun untuk lebih jelasnya bisa mengecek situs web resmi pusat budaya dan Kedubes Rusia di Jakarta agar tak ketinggalan tanggal pendaftaran dan seleksi.

Selain itu Dubes Vorobieva juga mengingatkan bahwa karena pendidikan akan berlangsung di Rusia maka para penerima beasiswa diharapkan sudah bisa menggunakan bahasa Rusia. Namun kata dia hal tersebut tampaknya tak lagi jadi momok bagi pelajar Indonesia yang mau belajar di negeri Beruang Merah.

"Saya sungguh bisa melihat bahwa pelajar Indonesia di Rusia umumnya memang sudah bisa bahasanya," kata dia.