Detik-detik Presiden Prancis Emmanuel Macron Ditimpuk Telur

Presiden Prancis, Emmanuel Macron
Sumber :
  • Dok: Renault

VIVA – Presiden Prancis, Emmanuel Macron kembali mendapat perlakuan tak mengenakan. Setelah sebelummya ditampar seorang pemuda kini dia dilempari telur oleh pemuda juga.

Dilansir Aljazeera, Macron dilempar sebuah telur oleh pemuda saat menghadiri pameran perdagangan Internasional di Lyon, Prancis, 27 September 2021. Peristiwa itu pun terekam kamera.

Dalam video yang beredar, Macron tengah berjalan dan bersalam-salaman dengan kerumunan dipameran tersebut. Namun, tiba-tiba dia dilempari telur dan mengenai pundaknya meski tak langsung pecah.

Di tengah pengawalan ketat para pengawalnya, Macron tampak kaget dan telur itu pun pecah dilantai. Terekam juga tindakan dua pengawalnya yang mengamankan pemuda pelempar.

Hingga saat ini, diketahui belum ada informasi yang jelas mengenai latar belakang pelemparan yang dilakukan pemuda tersebut. Pemerintah Prancis pun menilai kejadian itu berlebihan.

Sebelumnya, Macron juga pernah ditampar saat menyalam-nyalami kerumunan. Pria yang menampar Macron itu dihukum penjara selama empat bulan oleh pengadilan di Prancis. Damien Tarel menyerang Emmanuel Macron usai berjabat tangan ketika Macron menyapa warganya di wilayah Drome Prancis.

Damien Tarel, seorang penggemar sejarah abad pertengahan berusia 28 tahun, telah ditahan sejak menampar Macron di wajah pada Selasa. Seorang jaksa menyebut serangan itu "sama sekali tidak dapat diterima" dan "tindakan kekerasan yang disengaja".