Eks Kolonel Intelijen Korut Ungkap Sepak Terjang Spionase Kim Jong-un

Kim Kuk-song menghabiskan 30 tahun bekerja demi mencapai posisi teratas sebagai agen mata-mata Korea Utara yang berkuasa. BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Kebiasaan lama menjaga rahasia tidak ditinggalkan oleh Kim Kuk-song.

Butuh diskusi berminggu-minggu untuk mendapatkan wawancara dengannya, dan dia masih khawatir tentang siapa yang mungkin mendengarkan.

Dia mengenakan kacamata hitam di hadapan kamera, dan hanya dua dari tim kami yang tahu apa yang kami pikir itu adalah nama aslinya.

Kim menghabiskan 30 tahun bekerja demi mencapai posisi teratas sebagai agen mata-mata Korea Utara yang berkuasa.

Agen intelijen itu merupakan "mata, telinga, dan otak Pemimpin Tertinggi", ujarnya.

Dia mengklaim dia menyimpan rahasia-rahasianya, mengirim pembunuh untuk membungkam kritik mereka, dan bahkan membangun laboratorium obat-obatan terlarang untuk membantu mengumpulkan dana "revolusioner".

Kini, mantan kolonel senior itu memutuskan untuk menceritakan kisahnya kepada BBC.

Ini adalah pertama kalinya seorang perwira militer senior dari Pyongyang memberikan wawancara kepada sebuah lembaga penyiaran besar.

Kim adalah "sosok paling merah", katanya dalam sebuah wawancara eksklusif. Seorang pelayan komunis yang loyal.

Tapi pangkat dan loyalitas tak menjamin keselamatan Anda di Korea Utara.

Dia harus kabur diri untuk menyelamatkan nyawanya pada 2014, dan sejak itu dia tinggal di Seoul dan bekerja untuk intelijen Korea Selatan.

Dia menggambarkan sikap frustasi para pemimpin Korea Utara yang menempuh segala cara demi menghasilkan uang, mulai transaksi narkoba hingga penjualan senjata di Timur Tengah dan Afrika.

Dia membocorkan kepada kami tentang strategi di balik keputusan yang dibuat di Pyongyang, serangan-serangan rezim terhadap Korea Selatan, dan klaim bahwa jaringan mata-mata dan siber negara tertutup itu dapat menjangkau seluruh dunia.

BBC tidak dapat memverifikasi klaimnya secara independen, tetapi kami berhasil memverifikasi identitasnya dan, jika mungkin, menemukan bukti yang menguatkan berbagai tuduhannya.

Kami menghubungi Kedutaan Korea Utara di London dan perwakilannya di New York untuk sebuah pernyataan, tetapi sejauh ini kami belum menerima tanggapan.

`Satuan tugas teror`

Dalam tahun-tahun terakhirnya di unit intelijen tertinggi Korea Utara, Kim mendapatkan gambaran ketika Kim Jong-un, sang Pemimpin Tertinggi saat ini, mengawali karirnya sebagai pemimpin.

Dia melukiskannya sebagai sosok anak muda yang ingin membuktikan dirinya sebagai "pejuang".

Korea Utara membentuk agen mata-mata baru yang disebut Biro Umum Pengintaian pada 2009, tepat saat Kim Jong-un dipersiapkan untuk menggantikan ayahnya, yang menderita stroke.

Kepala biro itu adalah Kim Yong-chol, yang tetap menjadi salah satu pembantu pemimpin Korea Utara yang paling dipercaya.

Sang kolonel berujar pada Mei 2009, ada titah dari rantai komando untuk membentuk "satuan tugas teror" untuk membunuh seorang mantan pejabat Korea Utara yang membelot ke Korea Selatan.

"Bagi Kim Jong-un, itu adalah tindakan demi memuaskan sang pemimpin tertinggi (ayahnya)," kata Kim.

"`Pasukan Teror` dibentuk untuk membunuh Hwang Jang-yop secara rahasia. Saya secara pribadi mengarahkan dan melaksanakan pekerjaan itu."

Reuters
Mantan Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong-il dengan putranya, Kim Jong-un (kanan).

Hwang Jang-yop pernah menjadi salah seorang pejabat paling berkuasa di negara itu. Dia adalah arsitek utama berbagai kebijakan Korea Utara.

Pembelotannya ke Korea Selatan pada 1997 tidak pernah dimaafkan. Begitu tiba di Seoul, dia sangat kritis terhadap rezim, dan keluarga Kim ingin membalas dendam.

Namun upaya pembunuhan itu gagal. Dua orang perwira militer Korea Utara masih menjalani hukuman penjara 10 tahun di Seoul atas rencana tersebut.

Pyongyang selalu membantah terlibat dan mengklaim Korea Selatan berada di balik upaya pembunuhan itu.

Kesaksian Kim mengesankan sebaliknya.

"Di Korea Utara, terorisme adalah alat politik yang melindungi martabat tertinggi Kim Jong-il dan Kim Jong-un", katanya.

"Itu adalah sebuah hadiah untuk menunjukkan kesetiaan para penerus kepada pemimpin besarnya."

Ada lebih banyak lagi yang akan datang. Setahun kemudian, pada 2010, kapal angkatan laut Korea Selatan, Cheonan, tenggelam setelah terkena torpedo.

Sebanyak 40 enam nyawa hilang. Pyongyang selalu membantah keterlibatannya.

Kemudian, pada November tahun itu, lusinan peluru artileri Korea Utara menghantam pulau Yeongpyeong di Korea Selatan. Dua tentara dan dua warga sipil tewas.

Ada banyak perdebatan tentang siapa yang memberi perintah atas serangan itu.

Kim mengatakan dia "tidak terlibat langsung dalam operasi di Pulau Cheonan atau Yeonpyeong", tetapi "bukan rahasia bagi petugas RGB (Intelijen Korea Utara), itu diperlakukan dengan bangga, sesuatu untuk dibanggakan".

Dan operasi itu tidak akan terjadi tanpa perintah dari atas, ujarnya.

"Di Korea Utara, bahkan ketika sebuah jalan dibangun, itu tidak dapat dilakukan tanpa persetujuan langsung dari Pemimpin Tertinggi.

"Penenggelaman Cheonan dan penembakan Pulau Yeongpyeong bukanlah hal yang bisa dilakukan oleh bawahan.

"Pekerjaan militer semacam ini dirancang dan dilaksanakan oleh perintah khusus Kim Jong-un. Ini sebuah pencapaian."

`Mata-mata di Blue House`

Kim mengatakan salah satu tanggung jawabnya di Korea Utara adalah mengembangkan strategi dalam menghadapi Korea Selatan. Tujuannya adalah "subordinasi politik".

Untuk itu mensyaratkan adanya banyak mata dan telinga di manapun.

"Ada banyak kasus di mana saya mengarahkan mata-mata untuk pergi ke Korea Selatan dan melakukan misi operasi melalui mereka. Banyak kasus", klaimnya.

Dia tidak merinci, tetapi dia memberi kami satu contoh yang menarik.

"Ada kasus di mana seorang agen Korea Utara dikirim dan bekerja di Kantor Kepresidenan di Korea Selatan dan kembali ke Korea Utara dengan selamat.

"Itu pada awal 1990-an. Setelah bekerja untuk Blue House (Kantor Kepresidenan Korea Selatan) selama lima hingga enam tahun, dia kembali dengan selamat dan bekerja di Kantor Penghubung 314 Partai Buruh.

"Saya dapat memberitahu Anda bahwa operasi Korea Utara memainkan peran aktif dalam berbagai organisasi masyarakat sipil serta lembaga-lembaga penting di Korea Selatan."

BBC tidak dapat memverifikasi klaim ini.

Reuters
"Demi membantu agar Anda memahami, semua uang di Korea Utara adalah milik pemimpin Korea Utara," kata Kim Kuk-song.

Saya telah bertemu dengan sejumlah mata-mata Korea Utara yang dipenjara di Korea Selatan, dan, seperti yang ditulis oleh pendiri NK News Chad O`Carroll dalam sebuah artikel baru-baru ini, penjara-penjara Korea Selatan pernah diisi lusinan mata-mata Korea Utara yang ditangkap selama beberapa dekade karena berbagai jenis pekerjaan spionase.

Sejumlah insiden terus terjadi dan setidaknya satu kasus melibatkan mata-mata yang dikirim langsung dari Utara.

Tetapi data NK News menunjukkan bahwa jauh lebih sedikit orang-orang yang ditangkap di Korea Selatan karena pelanggaran terkait mata-mata sejak 2017, karena Korea Utara beralih ke teknologi baru, daripada ala mata-mata kuno, untuk pengumpulan intelijen.

Korea Utara barangkali salah satu negara termiskin dan paling terisolasi di dunia, tetapi para pembelot terkenal sebelumnya memperingatkan bahwa Pyongyang telah melahirkan 6.000 tentara peretas yang terampil.

Menurut Kim, pemimpin Korea Utara sebelumnya, Kim Jong-il, memerintahkan pelatihan personel baru pada 1980-an "untuk mempersiapkan perang siber".

"Universitas Moranbong akan memilih siswa paling cerdas dari seluruh negeri dan menempatkan mereka melalui enam tahun pendidikan khusus," katanya.

Pejabat keamanan Inggris meyakin bahwa unit Korea Utara yang dikenal sebagai Lazarus Group berada di balik serangan siber yang melumpuhkan bagian dari NHS dan organisasi lain di seluruh dunia pada 2017.

Kelompok yang sama diyakini telah menargetkan Sony Pictures dalam serangan peretasan pada 2014.

Kim mengatakan unit tersebut dikenal sebagai Kantor Penghubung 414.

"Secara internal, kami menjulukinya "Pusat Informasi Kim Jong-il."

Dia mengklaim memiliki saluran telepon langsung kepada pemimpin Korea Utara.

"Orang-orang mengatakan agen-agen ini berada di China, Rusia, dan negara-negara Asia Tenggara, tetapi mereka juga beroperasi di Korea Utara sendiri.

"Kantor itu juga menjaga komunikasi di antara agen mata-mata Korea Utara."

Obat-obatan terlarang demi Dollar

Kim Jong-un tidak lama berselang mengumumkan bahwa negara itu sekali lagi menghadapi "krisis" dan pada April lalu dia meminta rakyatnya guna mempersiapkan "pawai yang sulit" lainnya - sebuah ungkapan untuk menggambarkan bencana kelaparan pada 1990-an, di bawah Kim Jong-il.

Saat itu, Kim berada di Departemen Operasi dan diperintahkan untuk mengumpulkan "dana revolusioner" untuk Pemimpin Tertinggi.

Hal itu, katanya, berarti berurusan dengan obat-obatan terlarang.

"Produksi obat-obatan terlarang di Korea Utara pimpinan Kim Jong-il mencapai puncaknya selama Maret yang Sulit," katanya.

"Saat itu, Departemen Operasional kehabisan dana revolusioner untuk Pemimpin Tertinggi.

"Setelah ditugaskan untuk tugas itu, saya membawa tiga orang asing dari luar negeri ke Korea Utara, membangun basis produksi di pusat pelatihan kantor penghubung 715 Partai Buruh, dan memproduksi obat-obatan terlarang.

"Itu ICE (shabu kristal). Kemudian kita bisa mencairkannya ke bentuk Dollar untuk dipersembahkan kepada Kim Jong-il."

Penjelasannya tentang perdagangan narkoba saat ini masuk akal.

Korea Utara memiliki sejarah panjang produksi obat-obatan terlarang - kebanyakan heroin dan opium.

Seorang mantan diplomat Korea Utara untuk Inggris, Thae Yong-ho, yang juga membelot, mengatakan kepada Oslo Freedom Forum pada 2019 bahwa negara tersebut telah terlibat dalam perdagangan narkoba yang disponsori negara dan berusaha untuk memperbaiki epidemi kecanduan narkoba domestik yang meluas.

Saya bertanya kepada ke mana perginya uang narkoba itu. Apakah itu diubah menjadi uang tunai untuk rakyat Korut?

"Demi membantu agar Anda memahami, semua uang di Korea Utara adalah milik pemimpin Korea Utara," katanya.

"Dengan uang itu, dia akan membangun vila, membeli mobil, membeli makanan, membeli pakaian, dan menikmati kemewahan."

Perkiraan jumlah korban tewas akibat kekurangan pangan berkepanjangan di Korea Utara pada 1990-an berkisar dari ratusan ribu hingga satu juta orang.

Getty Images
Seorang perempuan Korea Utara mengumpulkan rumput untuk dimakan di sebuah ladang di Provinsi Hamgyong Utara, Mei 2010.

Sumber pendapatan lain, menurut Kim, berasal dari penjualan senjata ilegal ke Iran, yang dikelola oleh Departemen Operasi.

"Ada kapal selam mini khusus, semi-submersible. Korea Utara sangat pandai membangun peralatan canggih seperti ini," katanya.

Klaim Kim ini barangkali sedikit propaganda Korea Utara lantaran kapal selam negara itu memiliki mesin diesel yang berisik.

Tetapi Kim mengklaim bahwa kesepakatan itu sangat sukses sehingga wakil direktur Korea Utara di Iran akan membual tentang undangannya kepada orang-orang Iran ke kolam renangnya untuk membicarakan bisnis.

Kesepakatan senjata Korea Utara dengan Iran telah menjadi rahasia umum sejak 1980-an dan bahkan termasuk rudal balistik, menurut Profesor Andrei Lankov, salah satu otoritas terkemuka dunia di Korea Utara.

Korea Utara terus memajukan pengembangan senjata pemusnah massal, meskipun dikenai sanksi internasional.

Pada September, negara itu menguji empat sistem senjata baru termasuk rudal jelajah jarak jauh baru, sistem peluncuran kereta untuk rudal balistik, rudal hipersonik, dan rudal anti-pesawat.

Dan teknologi di negara itu semakin berkembang dan makin canggih.

Menurut Kim, Pyongyang juga menjual senjata dan teknologi ke negara-negara yang dilanda perang berkepanjangan.

Dalam beberapa tahun terakhir, PBB menuduh Korea Utara memasok senjata ke Suriah, Myanmar, Libya dan Sudan.

PBB memperingatkan bahwa senjata yang dikembangkan di Pyongyang dapat berakhir di banyak sudut dunia yang bermasalah.

`Pelayan setia yang dikhianati`

Kim menjalani kehidupan istimewa di Korea Utara.

Dia mengklaim dia diberi mobil Mercedes-Benz oleh bibi Kim Jong-un, dan diizinkan bepergian ke luar negeri secara bebas untuk mengumpulkan uang bagi pemimpin Korea Utara.

Dia mengatakan dia menjual logam langka dan batu bara untuk mengumpulkan jutaan uang tunai, yang akan dibawa kembali ke negara itu dalam sebuah koper.

Koneksi politik Kim yang kuat melalui pernikahan memungkinkan dia untuk berpindah di antara badan-badan intelijen yang berbeda, katanya.

Tetapi koneksi yang sama itu juga menempatkan dia dan keluarganya dalam bahaya.

Tidak lama setelah naik takhta politik pada 2011, Kim Jong-un memutuskan untuk membersihkan orang-orang yang dianggapnya sebagai ancaman, termasuk pamannya sendiri, Jang Song-thaek.

Sudah lama ada anggapan bahwa Jang adalah pemimpin de facto Korea Utara, saat kesehatan Kim Jong-il memudar.

Menurut Kim, nama Jang Song-thaek lebih dikenal luas ketimbang Kim Jong-un.

"Saat itulah saya merasa Jang Song-thaek tidak akan bertahan lama. Saya merasa dia akan diasingkan ke pedesaan," katanya.

Getty Images
Orang-orang membungkuk di depan patung mendiang pemimpin Korea Utara Kim Il-sung dan Kim Jong-il, Februari 2021.

Namun kemudian media pemerintah Korea Utara mengumumkan pada Desember 2013 bahwa Jang telah dieksekusi.

"Saya lebih dari terkejut, itu adalah pukulan fatal dan saya merasa ngeri," kata Kim.

"Saya langsung merasakan bahaya dalam hidup saya. Saya tahu saya tidak bisa lagi berada di Korea Utara."

Kim berada di luar negeri ketika dia membaca tentang eksekusi di sebuah surat kabar. Dia memutuskan membuat rencana guna melarikan diri bersama keluarganya ke Korea Selatan.

"Meninggalkan negara saya, di mana makam leluhur dan keluarga saya berada, dan melarikan diri ke Korea Selatan, yang pada saat itu bagi saya adalah negara asing, adalah keputusan paling menyedihkan akibat tekanan emosional," katanya.

Bahkan di balik kacamata hitamnya, saya dapat melihat bahwa ingatan itu sulit baginya.

Satu pertanyaan yang terus saya tanyakan selama banyak pertemuan kami, selama berjam-jam, adalah mengapa dia memutuskan untuk berbicara sekarang.

"Ini adalah satu-satunya tugas yang bisa saya lakukan," katanya. "Saya akan lebih aktif mulai sekarang untuk membebaskan saudara-saudara saya di Utara dari cengkeraman kediktatoran dan agar mereka menikmati kebebasan sejati."

Ada lebih dari 30.000 pembelot di Korea Selatan. Hanya sedikit yang memutuskan untuk berbicara kepada media.

Semakin tinggi profil Anda, semakin tinggi risiko bagi Anda dan keluarga Anda.

Ada juga banyak orang di Korea Selatan yang meragukan kisah hidup para pembelot. Lagi pula, bagaimana orang bisa benar-benar memverifikasi cerita mereka?

Kim menjalani kehidupan yang sangat tidak biasa.

Kisahnya harus dibaca sebagai bagian dari kisah Korea Utara - bukan keseluruhan.

Tapi ceritanya memberi kita pandangan sisi lain rezim di mana hanya sedikit orang yang bisa melarikan diri, dan memberi tahu kita sesuatu tentang apa yang diperlukan rezim untuk bertahan hidup.

"Masyarakat politik Korea Utara, penilaian mereka, proses pemikiran mereka, mereka semua mengikuti keyakinan kepatuhan tertinggi kepada Pemimpin Tertinggi," katanya. Dari generasi ke generasi, itu menghasilkan "para loyalis yang setia".

Waktu wawancara ini juga menarik. Kim Jong-un telah mengisyaratkan dia mungkin bersedia untuk berbicara dengan Korea Selatan dalam waktu dekat, jika kondisi tertentu terpenuhi.

Tapi di sini juga, Kim memberikan peringatan.

"Sudah bertahun-tahun sejak saya datang ke sini, tetapi Korea Utara tidak berubah sama sekali," katanya.

"Strategi yang kami siapkan terus berlanjut. Yang perlu Anda ketahui adalah bahwa Korea Utara tidak berubah 0,01%."