Banjir Besar di Yunani, Mobil Menyangsang dan Terdapat Korban Jiwa

Banjir usai hujan besar turun di Pulau Kreta, Yunani
Sumber :
  • AP Photo/Harry Nakos

VIVA Dunia – Seorang pria ditemukan tewas dan dua orang hilang pada Sabtu, 15 Oktober 2022 setelah hujan lebat menyebabkan banjir besar di Pulau Kreta Yunani, kata pekerja darurat.

Seorang pria berusia lima puluhan tahun meninggal saat terjebak di dalam mobilnya saat hujan mulai turun di pulau Yunani selatan, tujuan liburan yang populer. Dalam foto yang beredar juga tampak ada mobil yang tersangkut dan menyangsang di genangan air.

Media lokal juga melaporkan kerusakan parah di desa-desa tepi laut di mana jalan-jalan telah menjadi sungai yang menghanyutkan dan berbahaya.

Menurut layanan darurat, seorang wanita terluka ringan ketika dia juga terjebak di dalam mobil. Setidaknya sembilan kendaraan yang terkepung air masih perlu diselamatkan pada Sabtu malam.

Melansir dari The Guardian, Senin, 17 Oktober 2022, layanan darurat menerima lebih dari 450 panggilan dalam satu jam pada Jumat pagi, 14 Oktober 2022.

Delapan turis dan seorang penjaga keamanan juga terdampar di museum arkeologi di kota resor pesisir Sitia. Semua ngarai di pulau itu, tempat hiking populer bagi turis sudah ditutup untuk umum hingga pemberitahuan lebih lanjut.

Wali Kota Sitia mengatakan kepada saluran TV Skai bahwa situasi di luar kendali dan fenomena cuaca di wilayah itu luar biasa.

Kerusakan iklim yang disebabkan manusia memperkuat cuaca ekstrem, termasuk banjir, gelombang panas, dan kekeringan, kata para ilmuwan. Mereka juga menambahkan bahwa peristiwa ekstrem menjadi lebih sering dan lebih intens akhir-akhir ini.

Departemen pertahanan sipil mengatakan pihaknya dikerahkan dan meminta semua warga untuk waspada di Kreta dan pulau-pulau sekitar Rhodes, Karpathos, Kastellorizo ??dan Kasos.