5 Negara Pemeluk Agama Hindu Terbesar di Dunia, Salah Satunya Indonesia

Pura Besakih, Bali.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Dunia – Hindu merupakan salah satu agama di dunia yang mempunyai banyak pengikut. Menyadur dari World Population Review, menurut data tahun 2020 agama Hindu mempunyai 1,16 miliar pengikuti di dunia. Posisinya berada di urutan ketiga, setelah Kristen dengan 2,38 miliar pengikut dan Islam dianut oleh 1,91 miliar orang. Nah, berikut ulasan soal negara pemeluk agama Hindu terbesar. 

1. India

Mitos Agama Hindu di India

Photo :
  • scmp.com

Sejak ribuan tahun yang lalu, India dipercaya sebagai tempat asal muasal agama Hindu. Mayoritas pemeluknya didominasi oleh Shaivite dan Vaishnavite. Pada tahun 2022, jumlah penduduk di India sebanyak 1,41 miliar jiwa. 

Dari total tersebut, 78,9 persen atau 1,09 miliar populasi di India menganut agama Hindu dan sekaligus menjadi agama yang paling banyak dianut. Bahkan, India juga menjadi negara dengan populasi Hindu terbanyak di dunia sekitar 95% dari semua umatnya. 

2. Nepal

nepal

Photo :
  • U-Report

Penganut Hindu terbesar kedua di Nepal dengan sekitar 80,6 persen atau 28,6 juta penduduknya. Nepal mempunyai arti khusus untuk pemeluk Hindu. Karena, Himalaya di Nepal, menurut mitologi Hindu, merupakan tempat para dewa yang secara khusus diasosiasikan sebagai salah satu dari tiga dewa utama Hindu, Dewa Siwa. 

Suku Mandi Bangladesh

Photo :
  • Istimewa

Dengan sekitar 13,8 juta penduduk atau 8,2 persen dari populasinya memeluk agama Hindu. Bangladesh menjadi negara ketiga yang mempunyai penganut agama Hindu terbesar di dunia. Agama Hindu di sana menempati urutan kedua terbanyak dianut. Diketahui populasinya mengalami penurunan yang stabil sejak tahun 1940, yaitu total 28% populasi saat itu. 

4. Indonesia

Upacara Melasti Umat Hindu Bali

Photo :
  • ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana

Indonesia mempunyai penduduk yang menganut agama Hindu dengan presentase mencapai 1,6% dari total populasi atau sekira 4,3 juta orang. Angka tersebut menempatkan Indonesia dalam posisi keempat sebagai negara dengan populasi agama Hindu terbanyak di dunia. 

Penganut agama Hindu sendiri terpusat di Bali. Masyarakat di sana menerapkan pemujaan Hindu yang cukup berbeda, yaitu dengan menggabungkan animisme lokal dan pemujaan leluhur (Pitru Paksha) serta penghormatan kepada Bodhisattva. 

Suku Kalash di Pakistan

Photo :
  • Grid.id

Dengan presentase 1,9% dari populasinya menganut agama Hindu, Pakistan menempati urutan kelima dalam daftar ini. Sekitar 3,99 juta penduduk di sana meyakini dan mempraktikan agama Hindu. Seperti Bangladesh, Hindu menjadi agama terbesar kedua di Pakistan setelah agama Islam yang dianut oleh mayoritas penduduk di Pakistan.