2 Bom Meledak di Pasar Irak, 64 Tewas

Lokasi ledakan bom di Baghdad, Irak, Agustus 2003
Sumber :
  • AP Photo

VIVAnews - Dua buah bom meledak di pasar yang ramai di alun-alun kota Kut, Irak, Senin, 15 Agustus 2011. Sedikitnya 64 orang diperkirakan tewas akibat dua ledakan yang terjadi secara berurutan ini.

Menurut kantor berita BBC, Ledakan berasal dari sebuah bom mobil dan bom yang diletakkan di dalam lemari pendingin di tengah pasar. Kedua bom tersebut meledak pukul delapan pagi waktu setempat, ketika sedang ramai para pekerja konstruksi yang menjual generator dan perkakas lainnya.

Juru bicara polisi, Dhurgam Mohammed Hassan, mengatakan bom pertama di dalam pendingin meledak. Ketika warga dan tim penyelamat menghampiri para korban, bom kedua yang berada di dalam mobil ikut meledak.

Wakil Menteri Kesehatan Irak, Khamis Al-Sa'ad, mengatakan korban tewas mencapai 64 orang, sementara korban luka lebih dari 100 orang. "Hingga saat ini korban masih terus berdatangan ke rumah sakit, namun keadaan sudah dapat dikendalikan," kata Khamis.

CNN melaporkan ledakan bom terjadi juga di kota Najaf, Kirkuk, Tikrit dan Baghdad, menewaskan 15 orang dan melukai lebih dari 40 orang.

Angka kekerasan tiba-tiba meningkat kembali di Irak. Padahal jumlahnya sempat mengalami penurunan sejak tahun 2006-2007. Setidaknya 259 orang dilaporkan tewas akibat serangan yang terjadi pada bulan Juli tahun ini saja.