Foto Dubes AS Panggul Ransel Hebohkan China

Dubes AS untuk China memanggul ransel sendiri
Sumber :
  • AP

VIVAnews -- Foto Duta Besar AS untuk China yang memanggul ransel dan memesan kopinya sendiri di bandara kini menjadi perbincangan hangat di Negeri Tirai Bambu. Menurut mereka, sikap bersahaja seperti itu kini sangatlah sulit ditemui di kalangan pejabat China.

Dilansir dari kantor berita Associated Press pada Rabu 17 Agustus 2011, foto tersebut diambil oleh Zhao Hui Tang, seorang pebisnis yang saat itu sedang bersantai di gerai kopi Starbucks di sebuah bandara internasional. Ia mengaku terkejut melihat Gary Locke -- nama sang Duta Besar -- berada di gerai kopi tersebut, terlihat bersahaja seperti bukan pejabat.

Usai mengambil foto, Tang memperkenalkan dirinya pada Locke, dan mengucapkan semoga sukses untuk pria yang dulunya adalah gubernur negara bagian Washington DC itu.

Merasa keren karena bertemu dengan Locke, Tang memposting foto tersebut ke situs jejaring sosial China yang mirip Twitter, Sina Weibo dan memperoleh ribuan komentar positif.

"Sulit dipercaya hal seperti ini bisa terjadi di China," kata Tang. "Bahkan pejabat rendahan di China saja tidak mau melakukan sendiri hal-hal semacam ini. Akan ada yang memesankan kopi atau membawakan tas mereka."

Menurut Tang, Locke sempat terlihat menggunakan voucher untuk membayar kopi, namun ditolak oleh kasir. Ia akhirnya membayar kopi tersebut menggunakan kartu kredit. Dubes AS pertama yag berdarah China-AS tersebut memang dikenal suka melakukan semuanya sendiri.

Warga China mengaku kagum dengan sikap bersahaja yang ditunjukkan Locke karena di negara mereka sendiri, para pejabatnya dikenal gila status dan manja, bahkan untuk yang tingkatannya tidak terlalu tinggi. "Rasanya sayang sekali China bisa membuat tiruan apa saja, tapi tidak untuk tiruan pejabat publik seperti ini," tulis seorang komentator di sebuah situs China.

Saking hebohnya foto Locke ini, surat kabar China Daily sampai memuatnya dalam sebuah editorial khusus yang diberi tajuk 'Ransel dapat menimbulkan kesan yang baik.' Surat kabar tersebut juga menulis, "Mungkin sudah waktunya bagi para pejabat China meniru sifat bersahaja Gary Locke."