Bayi Jerapah Terpaksa Minum Susu Sapi

Sumber :

VIVAnews - Seorang bayi jerapah lahir di kota Mendon, negara bagian Massachusetts, Amerika Serikat (AS), Selasa 24 Februari 2009. Namun, malang bagi si jerapah karena tidak bisa menyusu dari induknya sendiri.

Sebagai gantinya, Molly, demikian nama jerapah itu, terpaksa minum susu sapi karena induknya tidak bisa menghasilkan susu.

Dokter hewan yang merawat Molly, kemarin mengatakan bahwa jerapah betina tersebut berada dalam kondisi stabil di Hospital for Large Animals. Rumah sakit tersebut merupakan bagian dari Sekolah Kedokteran Hewan Tufts.

Namun dokter khawatir bayi jerapah yang memiliki tinggi 2,1 meter dan berbobot sekitar 43 kilogram ini tidak bisa menerima antibodi yang vital bagi daya tahan tubuh Molly.

Antibodi tersebut hanya dapat diperoleh dari kolostrum, zat yang hanya terdapat dalam air susu pertama ibu atau induk hewan.

Untungnya Molly diberi susu kolostrum yang berasal dari sapi, untuk menggantikan susu yang tidak ia dapatkan dari induknya. Salah seorang dokter, Daniela Bedenice, mengatakan keadaan Molly cukup baik meskipun ia masih beresiko terkena infeksi. (AP)