Thaksin Kini Jadi Dubes Khusus Nikaragua

Sumber :

VIVAnews - Mantan perdana menteri (PM) sekaligus buronan aparat keamanan Thailand, Thaksin Shinawatra, kini berstatus "duta besar khusus" Nikaragua.

Laman harian The Nation, Kamis 16 April 2009, mengungkapkan bahwa pemerintah negara di kawasan Amerika Tengah itu memberi Thaksin paspor diplomatik. Kabar itu muncul setelah paspor Thaksin yang lama tak lagi berlaku karena dicabut oleh Kementrian Luar Negeri Thailand.

Pasalnya, Thaksin dituduh menghasut sebagian rakyat Thailand untuk melancarkan aksi sehingga membatalkan Konfrensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN+3 akhir pekan lalu. Pembatalan KTT yang dihadiri oleh para pemimpin sejumlah itu membuat malu pemerintah Thailand, yang kini diperintah PM Abhisit Vejjajiva.

Lagipula, Thaksin sejak tahun lalu berstatus buronan setelah dinyatakan bersalah oleh pengadilan di Bangkok telah menyalahgunakan kekuasaan selama menjadi PM dalam kasus pembelian tanah dan properti oleh mantan istrinya, Pojamarn

Tak jelas dimana Thaksin kini menetap karena konglomerat bisnis telekomunikasi itu sering bolak-balik antara Dubai (Uni Emirat Arab), Hong Kong, dan China

Namun, tak lama setelah Thailand mencabut paspor Thaksin, muncul kabar bahwa Presiden Nikaragua, Daniel Ortega mengangkat Thaksin sebagai duta besar khusus. Bahkan Thaksin sudah mendapat paspor dari Nikaragua setelah bertemu dengan Ortega Februari lalu.

Konsekuensinya, dia kini bertugas membantu pemerintah Nikaragua mencari investasi asing.