VIDEO: Al-Shabaab Ajak Umat Muslim Serang Pusat Perbelanjaan

Kelompok Al-Shabaab serukan serangan ke mal.
Sumber :
  • tvOne
VIVA.co.id - Kelompok pemberontak Somalia, Al-Shabaab merilis video yang mendesak umat muslim untuk menyerang pusat perbelanjaan di Amerika Serikat, Kanada, Inggris, dan negara-negara barat lainnya.

Narator bertopeng yang memakai baju loreng dalam video berdurasi 76 menit tersebut memperingatkan serangan berikutnya di Kenya. Dia juga menyerukan umat Islam untuk menyerang pusat-pusat perbelanjaan.

Dalam video video tersebut, narator juga menyalahkan tindakan militer Kenya di Somalia atas penyiksaan terhadap muslim di Somalia.

Lihat videonya

Al-Shabab tercatat pernah melakukan serangan pusat perbelanjaan di Nairobi pada 2013, menewaskan 67 orang.

Menteri Keamanan Dalam Negeri Amerika Serikat, Jeh Johnson, menyerukan pada masyarakat untuk berhati-hati setelah ancaman teror pada pusat-pusat perbelanjaan Barat, terutama di Amerika Serikat.

Johnson menganggap serius ancaman kelompok radikal yang berbasis di Somalia itu. Menurutnya, ancaman Al-Shabaab merupakan bagian dari fase baru terorisme.

Sejak 2007 lebih dari 22 pria Somalia dari negara bagian Minnesota, Amerika Serikat terbang ke Somalia untuk bergabung dengan kelompok Al-Shabaab. Sebagian kecil warga Minnesota lainnya terbang ke Suriah untuk bergabung dengan ISIS.

Baca juga: