Oktober, Jokowi Temui Obama di Gedung Putih

Presiden Jokowi di KTT APEC 2014
Sumber :
  • REUTERS/Kevin Lamarque
VIVA.co.id - Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Robert Blake, mengungkap rencana Presiden Barack Obama yang akan menerima Joko Widodo saat mengunjungi Washington pada bulan Oktober mendatang. Sebelumnya pertemuan kedua pemimpin, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi akan bertemu lebih dulu dengan Menlu John Kerry di bulan September. 

Hal itu diungkap Blake ketika ditemui VIVA.co.id secara khusus di ruang kerjanya di Gedung Kedubes AS di kawasan Medan Merdeka, pada Kamis, 2 Juli 2015. Kendati rencana kunjungan sudah ada, namun Blake mengaku belum bisa mengumumkan tanggalnya. 

"Agenda yang rencananya dibahas kedua pemimpin yaitu bagaimana memperluas kesempatan ekonomi, investasi dan perdagangan kedua negara. Selain itu, Presiden Obama juga ingin membantu untuk mendukung visi maritim Presiden Jokowi," papar diplomat yang pernah ditugaskan di India, Tunisia, Aljazair, Mesir dan Nigeria itu. 

Blake menambahkan, dalam bekerja sama mewujudkan visi poros maritim, dia mengaku kerap berkomunikasi dengan Menteri Koordinator Kemaritiman, Indroyono Susilo dan Menteri Perikanan dan Kelautan, Susi Pudjiastuti. Selain itu, kedua pemimpin juga berencana untuk memperluas kerja sama di bidang militer dan menyiapkan sebuah forum untuk membawa hubungan kedua negara lebih erat dan maju. 

Juru bicara Kementerian Luar Negeri RI, Arrmanatha Nasir, membenarkan rencana tersebut. Dihubungi melalui telepon, dia menyebut tengah menyusun jadwal yang tepat sehingga belum mengetahui tanggal pasti kunjungan tersebut.

Kunjungan Jokowi ke AS diprediksi untuk memenuhi undangan yang disampaikan Obama pada tahun lalu. Obama begitu penasaran terhadap sosok Jokowi ketika itu, sehingga begitu menjejakkan kaki di Beijing, Jokowi merupakan pemimpin pertama yang dia temui.