Salah Duga, Bubuk Putih di Masjid Brussels Bikin Gempar

Masjid Belgia
Sumber :
  • Reuters/Francois Lenoir

VIVA.co.id - Penemuan serbuk putih di masjid utama di kota Brussels, Belgia, menimbulkan kegemparan. Serbuk putih yang tersimpan dalam sebuah amplop itu ditemukan tergeletak di dalam masjid. Situasi trauma dan pengamanan yang masih ekstra ketat membuat petugas keamanan tak mau ambil resiko.

Pihak keamanan segera memblokir area dan meminta warga untuk menjauh. Sejumlah petugas pemadam kebakaran juga dikerahkan dan peringatan terkait Anthrax disampaikan.

"Kami telah menerima perintah untuk mengaktifkan prosedur pencegahan anthrax," kata Pierre Meys, seorang juru bicara petugas pemadam kebakaran seperti dikutip dari business-standard.com, Jumat, 27 November 2015.

Antraks adalah penyakit menular akut dan sangat mematikan yang disebabkan bakteri Bacillus anthracis dalam bentuknya yang paling ganas.

Kegemparan bermula ketika seorang penanggung jawab masjid membuka amplop berisi bubuk putih tersebut pada pukul 12.30 waktu setempat. Rasa curiga dan khawatir membuat petugas segera menghubungi pihak berwenang.

Saat amplop dibuka, ada tujuh orang di dalam ruangan. Demi kemananan, petugas meminta mereka melakukan prosedur pencegahan untuk menjamin mereka tak terkontaminasi.

Juru bicara Kepolisian Brussels, Christian De Coninck, mengatakan pihaknya telah memeriksa 10 amplop, yang semuanya berisi bubuk putih, untuk menemukan substansi.

Namun setelah dilakukan penelitian mendalam, jaringan televisi kabel CNN, mengutip perwakilan petugas pemadam kebakaran Brussels dan petugas medis, yang mengatakan bubuk putih tersebut hanya tepung biasa.