Inggris Tuding Rusia Bikin Negara Kecil di Suriah

Sumber :
  • Reuters/Alexei Druzhinin/Ria Novosti

VIVA.co.id – Inggris menuding Rusia sedang membangun sebuah negara kecil di Suriah bagi rekannya, Presiden Bashar Al-Assad. Rusia justru menyerang kelompok oposisi bukannya terhadap kelompok militan ISIS.

Dilansir dari Reuters, Selasa, 2 Februari 2016, Menteri Luar Negeri Inggris, Philip Hammond sangat mempercayai keterlibatan Presiden Rusia, Vladimir Putin, dalam perang sipil berkepanjangan di Suriah. Kondisi itu dinilai memperburuk keadaan di wilayah dengan melakukan serangan terhadap lawan dari ISIS.

Hammond juga menepis kritikan dari Rusia yang menganggap dia menyebarkan informasi salah yang berbahaya. "Apakah Rusia benar-benar berkomitmen untuk mencapai kedamaian atau justru menggunakan kesempatan ini untuk membiarkan (Presiden Bashar) Al-Assad menciptakan sebuah negara kecil di Suriah?” ujarnya.

Keterlibatan Rusia dalam perang di Suriah pada September 2015, di mana memulai operasi dengan serangan udara justru dianggap sebagai dukungan terhadap posisi Presiden Al-Assad, setelah sebelumnya mendapat serangan besar-besaran yang dilakukan kelompok pemberontak.