'Tantang' Rusia, AS Unjuk Kekuatan di Laut Mediterania

Kapal Induk Amerika Serikat, USS Nimitz.
Sumber :
  • REUTERS

VIVA.co.id – Angkatan Laut Amerika Serikat mengerahkan kapal induk USS Nimitz dan USS Harry S. Truman ke Mediterania Timur, sebagai langkah terbaru unjuk kekuatan dengan Rusia.

Laksamana Muda Bret C. Batchelder, di Washington DC, seperti mengutip situs Sputniknews, Kamis, 9 Juni 2016, mengungkapkan bahwa pengerahan dua kapal induk ini untuk menunjukkan kehadiran AS yang dibutuhkan di Mediterania guna "memeriksa" negeri Beruang Putih itu.

"Pergerakan kapal induk Harry S. Truman dari Teluk ke Mediterania Timur merupakan bentuk demonstrasi atas kemampuan AL AS," kata Batchelder.

Pada Jumat pekan lalu, AS meluncurkan serangan dadakan pertama untuk mendukung perang melawan ISIS dari kapal induk Nimitz di timur laut Mediterania.

Beberapa kapal perang yang tergabung dalam formasi serangan tersebut antara lain Harry S. Truman, kapal penjelajah dengan rudal pemandu USS Anzio serta kapal perusak USS Gonzalez.

Sementara itu, pada Rabu, The US European Command (Eucom) mengumumkan bahwa kapal induk AS kedua telah tiba di Laut Mediterania guna mendukung kepentingan keamanan nasional AS di Eropa Barat.