Menentang Kekerasan, Perempuan Argentina Demo Telanjang

Ilustrasi demo tanpa busana.
Sumber :
  • Canadian Press/Hannah Yoon

VIVA.co.id – Lebih dari 100 perempuan di Argentina melakukan aksi demonstrasi untuk menentang kekerasan terhadap perempuan yang belakangan kerap terjadi. Uniknya, aksi ini dilakukan tanpa mengenakan busana sehelai pun.

Dilansir Metro, Jumat 2 Juni 2017, aksi tersebut dilakukan di luar istana presiden, Casa Rosada, di Buenos Aires. Mereka merupakan wanita yang tergabung dalam forum Artistic Force of Communicative Shock (FACC) .

Para wanita tersebut mulanya berkumpul di depan jalan besar, sebelum akhirnya mereka menanggalkan pakaiannya satu per satu di depan penonton. Penyampaian pesan dilakukan melalui orasi yang tak berhenti.

Kelompok FACC menggunakan taktik telanjang untuk menarik perhatian dan menuntut perlindungan pemerintah yang lebih besar bagi korban kekerasan berbasis gender, yang selama ini tengah meningkat di Argentina. Menurut angka resmi, kekerasan terhadap perempuan rata-rata terjadi 25 jam sekali di Argentina.

Selama aksi berlangsung, hashtag "FemicidioEsGenocidio" dan berbagai foto aksi dengan cepat menjadi viral. "Kami mewakili mereka semua, kami akan selalu ada bagi mereka yang menjadi korban kekerasan," kata Claudia Acuna, salah satu peserta aksi.

Ia mengatakan aksi tersebut menggambarkan bagaimana fakta yang dialami perempuan Argentina, di mana banyak wanita tidak dapat bersuara dan menyampaikan penderitaan yang dialaminya. Terlebih, banyak kekejaman yang terjadi dan belum mendapat perhatian pemerintah.