Musabab Gisel dan 3 Artis Beken Terseret Kasus Pembobolan Kartu kredit

Gisella Anastasia
Sumber :
  • VIVA/Aiz Budhi

VIVA – Artis Gisella Anastasia alias Gisel, Tyas Mirasih, Jessica Iskandar, dan Boy William, terseret kasus pembobolan kredit karena menjadi endorse jasa tiket perjalanan dan hotel bernama Tiket Terkini, yang dikelola tiga tersangka, SG, MD, dan FD. Dari tersangka, keempat artis itu mendapatkan tiket pesawat dan kamar hotel gratis, baik di dalam maupun luar negeri. 

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah Jawa Timur Komisaris Besar Polisi Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, ketiga tersangka berkomplot dengan cara membobol kartu kredit milik orang lain kemudian membelanjakan tiket perjalanan atau kamar hotel untuk pelanggan dan artis yang digandeng sebagai endorse.

Berjalan sejak tahun 2019, ratusan transaksi dilakukan tersangka dengan menggunakan kartu kredit milik orang lain. Trunoyudo menuturkan, data kartu kredit diperoleh tersangka dengan cara membeli kepada spamer. "Kartu kredit yang dibobol tersangka dari Jepang," katanya di Markas Polda Jatim di Surabaya pada Kamis, 27 Februari 2020. 

Polisi menunjukkan tersangka dan barang bukti pembobolan kartu kredit di Markas Polda Jatim di Surabaya pada Kamis, 27 Februari 2020. (Foto: Nur Faishal/VIVAnews)

Dari menjadi endorse, lanjut Trunoyudo, keempat artis tersebut memperoleh fasilitas tiket perjalanan dan kamar hotel. "GA (Gisel) ada (memperoleh tiket pesawat senilai) Rp25 juta dari Jakarta ke Australia untuk dua orang kelas bisnis, kemudian JI (Jessica Iskandar) senilai Rp4 juta untuk Jakarta-Bali, kemudian TM (Tyas Mirasih) senilai Rp5 juta untuk kamar hotel di Singapura," ujarnya. 

Fasilitas lumayan besar diperoleh Boy William. Dari tersangka, aktor dan rapper itu memperoleh tiket perjalanan dari Jakarta ke Paris senilai Rp75 juta. Kemudian tiket pesawat Jakarta-Singapura senilai Rp3 juta diperoleh selebgram berinisial AK dan RS memperoleh Rp1,3 juta tiket ke Jakarta-Malaysia. "GA dan TM sudah (dipanggil), kita tunggu rencananya Jumat besok datang," kata Trunoyudo.