Pengakuan Tukang Bakso Ludahi Mangkuk Pembeli: Supaya Laris

Tukang bakso ludahi dagangannya
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – WS, tukang bakso pikulan yang viral di media sosial lantaran terekam kamera CCTV meludahi mangkuk dagangannya, masih diperiksa polisi.

Kapolsek Kembangan Kompol Imam Irawan mengatakan, berdasarkan pemeriksaan, WS mengaku melakukan aksi menjijikkan itu sebagai amalan yang didapatkannya dari sang guru spiritual di kampung halamannya, di Garut, Jawa Barat.

"Amalan tersebut dilaksanakan pada saat pertama kali jualan setelah kembali dari kampung. Adapun tujuan pelaku untuk mendapatkan penglaris atau laku saat berjualan bakso," ujar Imam, Jumat, 26 Juni 2020.

Peristiwa menjijikkan itu terjadi Kompleks Unilever, Kelurahan Meruya Selatan, Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat, Senin, 22 Juni 2020, sekitar pukul 17.52 WIB.

Ketika itu seorang warga bernama Nur Hikmah memesan bakso kepada WS yang kebetulan lewat di depan rumahnya. Saat menunggu bakso pesanannya dibuat, perempuan berusia 28 tahun itu memantau CCTV yang terpasang di depan rumahnya.

"Pada saat melihat monitor CCTV, Nur Hikmah melihat WS pedagang bakso gerakannya mencurigakan karena tidak segera membuat pesanan, dan seperti menengok-nengok ke arah kanan kiri jalan," ujar Imam.

Karena curiga dengan gerak-gerik WS, akhirnya Hikmah terus memperhatikannya melalui layar monitor. Kemudian, tampak WS meludahi mangkok bakso yang dipesan Hikmah.

"Dia melihat pedagang bakso meludahi mangkok bakso pesananya dari monitor CCTV. Karena merasa takut kalau tukang baksonya tidak terima ditegur, Nur Hikmah hanya diam dan menerima bakso pesanannya," ujarnya.

Meskipun tetap menerima bakso tersebut, namun ia langsung membuang bakso itu ke toilet rumahnya. Selanjutnya, rekaman CCTV yang menunjukkan aksi WS itu ia rekam kembali dan disebar ke grup WhatsApp miliknya. Hingga saat ini, polisi masih memeriksa WS terkait peristiwa tersebut.