Modus Bandar Narkoba di Masa COVID-19: Pura-pura Bagi Sembako

Ilustrasi razia narkoba
Sumber :
  • Istimewa.

VIVA - Badan Narkotika Nasional (BNN) menyebutkan jika situasi pandemi COVID-19 dimanfaatkan para oknum untuk menyelundupkan narkoba secara mudah dengan modus pengantaran bahan sembako.

"Saat ini banyak oknum yang memanfaatkan situasi pandemi COVID-19. Hal itu, karena logistik susah terutama untuk pergeseran distribusi sembako dan dengan ini, mereka memanfaatkannya. Di mana, dengan perkiraan jika kendaraan membawa sembako itu akan tidak terlalu ketat diawasi pertugas," kata Deputi Pemberantasan BNN, Irjen Arman Depari, Selasa, 28 Juli 2020.

Baca juga: Melawan, Bokong Dua Bandar Narkoba Ditembak Polisi

Makanya, dalam pengedarannya mereka lebih banyak menggunakan atau mengcover kegiatannya dengan kendaraan darat, seolah-olah membawa logistik terutama sembako.

"Hal ini menjadi fokus penanganan kita, karena sudah banyak kasus yang ditemui, seperti Tangerang dan Bekasi," ujarnya.

Kaitan dengan penggerebakan yang dilakukan pihaknya di Jalan Prabu Siliwangi, Kecamatan Cibodas, Kota Tangerang, pihaknya menyebutkan bila jaringan dari penyebaran narkotika tersebut berada diwilayah Jakarta, Sumatera Utara, Aceh dan Lampung untuk kawasan lokal.

"Soal penggerebekan ini, masih kita dalami. Tapi, soal jaringan untuk yang lokal itu sekitar Jakarta dan Sumatera. Tapi untuk jaringan internasional, yakni Malaysia, dan Myanmar. Namun, nanti akan kita konfirmasi kembali jaringan mana saja yang terlibat dan oleh karena itu, kami akan segera berkoordinasi melaui agen dan petugas narkotika sejenis di negara tetangga terutama Asean," katanya.