Begal Apes, Ditangkap Setelah Rampas Ponsel Emak-emak

Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan, AKBP Jimmy Christian Samma
Sumber :
  • VIVA / Vicky Fazri (Jakarta)

VIVA – Seorang begal berinisial ASG (35) ditangkap di kawasan Makassar, Jakarta Timur, pada Kamis 12 November 2020. Aksinya terhenti saat Unit Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan membuntutinya.

Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan, AKBP Jimmy Christian Samma mengatakan, kasus ini bermula saat korban sedang membuka handphone-nya dikarenakan mendapatkan panggilan dari suami saat berada di depan kantor Puskesmas Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, 5 November 2020 sekitar pukul 16.25 WIB.

“Tiba-tiba ada orang yang tidak dikenal mengendarai sepeda motor warna hitam langsung merampas handphone milik korban,” ujar Jimmy kepada awak media di halaman Mapolres Metro Jakarta Selatan, Rabu, 18 November 2020

Selanjutnya, korban melaporkan peristiwa tersebut ke Polsek Pasar Minggu. Setelah dilakukan pemeriksaan, tersangka melakukan aksinya dengan modus operandi mengincar korbannya dengan cara menyurvei terlebih dahulu. Tercatat korban sudah sebanyak 53 orang. Ketika melihat situasi sekitarnya aman tersangka langsung melancarkan aksinya.

"Pelaku inisial ASG ini sudah 53 kali melakukan aksinya, yang mana rata-rata dilakukan di kawasan Jakarta Timur," tutur Jimmy.

Jimmy menyebut, dalam melakukan aksinya, tersangka ASG ini kerap kali beraksi mengganti nomor polisinya untuk mengelabui.

Dalam kasus ini, kepolisian mengamankan sejumlah barang bukti di antaranya satu unit sepeda motor warna hitam abu-abu, satu unit HP, rekaman CCTV, satu helm warna merah, dan satu jaket sweater warna hitam.

Akibat perbuatannya, tersangka dikenakan pasal 363 KUHP dengan ancaman kurungan paling lama 12 (dua belas) tahun penjara.

Baca jugaIrjen Fadil Jadi Kapolda Metro, Kandidat Kapolri Tak Terdeteksi