Viral, Dua Pria Lakukan Aksi Pencurian Bermodus Cari Kos-kosan

Rekaman CCTV pelaku pencurian.
Sumber :
  • Rekaman CCTV

VIVA – Aksi pencurian sebuah laptop dan gawai terjadi di Jalan Sunter Jaya Vl A No 12 RT 08/ RW 09, Kelurahan Sunter Jaya, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Aksi kejahatan itu viral di media sosial. 

Diketahui peristiwa terjadi Senin 19 April 2021. Dalam rekaman CCTV terlihat dua orang pria, yang diduga pelaku, sedang melihat-lihat rumah yang merupakan kos-kosan karyawan.

Tidak lama melihat situasi, salah satu pelaku berjaket hitam mencoba memanggil pemilik rumah. Melihat situasi di dalam rumah sedang sepi, pelaku langsung masuk ke dalam rumah.

Sementara pelaku, yang memakai jaket seperti jaket putih, keluar melihat situasi dan sudah bersiap di atas motor.

Tidak lama kemudian, pelaku berjaket hitam keluar dari dalam rumah dengan membawa barang elektronik, seperti laptop, serta gawai atau tablet milik penghuni. Mereka langsung kabur dengan menggunakan motor merah.

Pemilik rumah atau kostan, Amarullah (41) mengatakan bahwa aksi pencurian ini terjadi pagi hari, Saat itu situasi di rumah sedang sepi.

"Kejadiannya sekitar jam 7. Jadi kondisinya saat itu saya sedang antar anak dan istri ke pesantren. Lalu kembali ke rumah tiba-tiba melihat laptop dan tablet yang ditaruh di kursi utama sudah hilang," Kata Amarullah saat ditemui di lokasi, Selasa 20 April 2021.

Menurut Amarullah, saat itu dirinya berpikir bahwa laptop dipakai oleh kedua anaknya yang berada di dalam rumah bersama dengan asisten rumah tangga (ART)

"Lalu saya tanya sama anak saya dan asisten rumah tangga. Mereka tidak lihat dan juga tidak melihat orang masuk. Lalu saya tanya tetangga juga tidak melihat orang masuk," ujarnya.

"Jadi kondisinya, mereka (pelaku) awalnya naik ke lantai atas dari pintu belakang, nanya anak buah saya, ada kosan tidak. Lalu anak buah saya bilang suruh turun tanya ke bos maksudnya saya," ujarnya.

Kedua pelaku lalu turun. Ketika keduanya turun. Salah satu pelaku langsung masuk nyelonong ke dalam rumah melalui pintu dapur, yang memang saat itu tidak ada orang.

"Salah satu dari mereka masuk, sementara satunya menunggu di motor, Tidak lama orang yang dari dalam keluar bawa barang saya yaitu laptop dan tablet lalu langsung kabur," ujarnya.

Atas kejadian ini, Amarullah pun langsung melaporkan kehilangan ke Polsek Tanjung Priok.

Sementara itu Kanit Reskrim Polsek Tanjung Priok, Iptu Asman Hadi, mengatakan bahwa pihaknya tengah mendalami pencurian ini.

"Laporan sudah kami terima dan saat ini kami sedang lakukan penyelidikan, dan pendalaman dari kasus ataupun pelaku tersebut," ujarnya.