Pelaku Penembakan Remaja di Taman Sari Ternyata Mata Elang

JP, pelaku penembakan terhadap remaja di Taman Sari, Jakbar.
Sumber :
  • Istimewa/Andrew Tito

VIVA – Pelaku Penembakan terhadap seorang remaja di kawasan Taman Sari Jakarta Barat diketahui berprofesi sebagai penagih hutang atau dept collector.

Kanit Reskrim Polsek Taman Sari, AKP Lalu Musti Ali, mengatakan pelaku kerap membawa senjata api dan senjata tajam yang disimpan di kendaraan setiap kali bepergian atau sedang melakukan pekerjaannya.

Diketahui aksi penembakan yang mengenai remaja hingga tiga luka tembak tersebut terjadi di kawasan Mangga Besar VI D, Taman Sari, Jakarta Barat, Selasa 22 Juni 2021.

"Memang kesehariannya profesinya debt collector, makanya selalu membawa senjata tajam dan senjata api," ujar Ali dikonfirmasi, Rabu, 23 Juni 2021.

Ali mengatakan, berdasarkan pemeriksan pelaku berinisial JP (46), senjata api jenis revolver yang digunakannya untuk menembak korban didapat pelaku dari rekannya yang berada di wilayah Ambon, kampung halaman pelaku.

"Untuk keterangan sementara, senjata api itu didapat dari rekannya di Ambon. Ini kan masih keterangan sementara, pelaku saat ini masih kita dalami lagi," ujarnya.

Dalam hal ini Ali mengatakan, pihaknya serta tim reskrim dari Polres Metro Jakarta Barat menangkap delapan orang pelaku penembakan tersebut dengan masing masing berinisial HS (41), DT (36), AS (42), Jp (46), FW (25), NS (24), RA (48) dan RW (31).

Polisi juga mengamankan dua wanita yang merupakan rekan dari para pelaku. Dua wanita tersebut kini berstatus saksi, terbukti tidak terlibat dari aksi penembakan tersebut.

Diketahui kasus penembakan remaja di Tamansari tersebut berawal dari para pelaku dan saksi teman pelaku sedang duduk-duduk menikmati minuman keras, di Jalan Mangga Besar VI D, tepatnya di dekat sebuah masjid.

Para pelaku berkumpul pada Senin malam, sekitar pukul 23.00 WIB untuk merayakan salah satu rekan pelaku yang berulang tahun.

Aksi tenggak minum keras yang dilakukan para pelaku membuat warga di sekitar lokasi marah. Salah satu pemuda sekitar lokasi berusaha menegur para pelaku, namun berakhir cekcok. 

Selanjutnya, akibat adanya cekcok tersebut salah seorang pelaku berinisial JP mengeluarkan sebuah senjata api, beberapa pelaku lainnya mengeluarkan senjata tajam.

Pelaku JP kemudian menembak remaja yang menegur tersebut hingga menderita tiga luka tembak, dua luka di tangan dan satu lainnya di dekat ketiak kiri.

Akibat ditembak pelaku, remaja dengan inisial MIS (18) itu dilarikan ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo untuk mendapatkan perawatan.

Usai menembak korban, para pelaku kemudian melarikan diri dan berhasil ditangkap di kawasan Tebet, Jakarta Selatan.

Baca juga: Pelaku Penembakan Remaja di Taman Sari Gunakan Senjata Api Revolver