Halo
Pembaca

VIVANetworks

News

Bola

Sport

Showbiz

LifeStyle

Otomotif

Digital

Ragam

Militer

Netizen

Insight

Informasi

Tangkap Puluhan Orang, Polisi Bongkar 4 Sindikat Pembuat Uang Palsu

Kamis, 23 September 2021 | 19:52 WIB
Foto :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin
Ilustrasi uang palsu.

VIVA – Tim Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dittipideksus) Bareskrim Polri mengungkap jaringan pembuat dan pengedar uang palsu (upal) jenis mata uang rupiah dan Dollar Amerika Serikat (AS). Dalam kasus ini, polisi menangkap puluhan tersangka dari empat jaringan.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Rusdi Hartono mengatakan Bareskrim mengungkapkan, kasus pemalsuan dan peredaran uang palsu dilakukan sejak Agustus sampai September 2021. Akhirnya, ada 20 tersangka yang ditangkap.

Baca Juga

“Bareskrim berhasil mengungkap ada 4 kasus terdiri dari beberapa jaringan. Ada jaringan Jakarta, Bogor, Tangerang, jaringan Sukoharjo dan jaringan Demak, Jawa Tengah. Ini beberapa jaringan yang berhasil diungkap,” kata Rusdi di Gedung Bareskrim pada Kamis, 23 September 2021.

Baca juga: Simak Itungan Bisnis Bangun SPKLU Kendaraan Listrik Join dengan PLN

Adapun 20 orang tersangka yang ditangkap yaitu VM, M, EFY, TEM, P, NK, S, AS, SNI, MI, AJK, HS, BK, HP, M, B, RHH, I, MAM dan H alias A. Menurut dia, para tersangka ditangkap di tempat berbeda dan perannya juga beda-beda.

“Ini beberapa jaringan berhasil diungkap, dengan berbagai barang bukti mata uang rupiah baik pecahan Rp100 ribu dan dolar AS. Ini bagian barang berhasil diungkap,” ujarnya.

Sementara Wakil Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim, Kombes Whisnu Hermawan Februanto menjelaskan, jaringan pertama itu jaringan uang palsu dolar AS. Artinya, uang palsu tersebut dibuat untuk orang asing.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Terpopuler