Polisi Periksa CCTV Buru Penempel QRIS Palsu di Masjid Istiqlal

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Komarudin.
Sumber :
  • VIVA/Sherly (Tangerang)

VIVA Kriminal – Polres Metro Jakarta Pusat berkoordinasi dengan pihak Masjid Istiqlal guna mengungkap aksi penipuan berkedok stiker barcode Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) yang tertempel pada kotak amal di sana.

"Koordinasi dengan pengurus Masjid Istiqlal," ujar Kapolres Metro Jakarta Pusat, Komisaris Besar Polisi Komarudin kepada wartawan, Selasa 11 April 2023.

Eks Kapolres Metro Tangerang Kota ini mengatakan pihaknya telah mengajukan permohonan untuk mengecek kamera Closed Circuit Television (CCTV) yang ada di sana. Hal ini juga ditempuh guna mengungkap sosok terduga pelaku. "Sekaligus kami akan cek CCTV," katanya.

Sebelumnya diberitakan, aksi penipuan berkedok stiker barcode Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) yang tertempel pada kotak amal di sejumlah masjid di wilayah Jakarta Selatan tengah menjadi sorotan publik. Tak hanya di Jakarta Selatan, aksi serupa ternyata juga terjadi di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat. 

Penipuan melalui stiker barcode QRIS palsu di Masjid Istiqlal itu dibenarkan oleh Wakil Ketua Bidang Penyelenggara Peribadatan Masjid Istiqlal, Abu Hurairah.

"Iya betul (ada aksi penipuan melalui stiker barcode QRIS palsu). Penempelan (barcode QRIS) diketahui sekitar tiga hari lalu," kata Abu saat dihubungi wartawan, Senin, 10 April 2023.