Marak Ondel-ondel Pengamen, Ini Solusi Anies-Sandi

Ondel-ondel
Sumber :
  • Irwandi

VIVA – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menaruh perhatian dengan keberadaan Ondel-ondel yang dijadikan warga untuk mengamen. Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan masih menemukan maraknya Ondel-ondel dipakai mengamen di berbagai wilayah Jakarta seperti acara Car Free Day.

Sandi mengaku sedih dengan kondisi seperti ini. Sebab, Ondel-ondel merupakan tradisi budaya Betawi.

"Saya suka sedih kalau lihat Car Free Day, Ondel-ondel jalan-jalan kayak ngamen gitu. Padahal Ondel-ondel Betawi harusnya kita pajang di setiap acara resmi," kata Sandiaga dalam sambutan peresmian Ondel-ondel Kreasi Betawi (OKE OB) di Blok G, Balai Kota, Jakarta, Senin 5 Maret 2018.

Menurut dia, Ondel-ondel Betawi dapat diminati masyarakat tanpa harus mengamen keliling. Ke depannya, Sandiaga berharap Ondel-ondel yang ada di jalan harus diberdayakan dan tak perlu meminta sumbangan.

"Kemarin saya lihat (lari) marathon finis ada Ondel-ondel sebelah kiri enggak perlu ngemis-ngemis, itu sudah jadi bagian daripada prosesi acara dan ada biayanya juga. Malah Ondel-ondel yang di jalan itu bisa kita (Pemprov) karyakan," ujarnya.

Terkait hal ini, ada wacana Ondel-ondel akan disiapkan untuk meramaikan ajang Asian Games 2018. Hal ini menurut Sandiaga dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan Ondel-ondel. Rencananya, ke depan Ondel-ondel akan dikreasikan dengan maskot Asian Games 2018.

"Jadi Ondel-ondel bisa dipakai sebagai ornamen daripada Asian Games juga, sebagai ingetin juga bahwa Asian Games di Tanah Betawi," ujarnya. (one)