Pembobol Uang Nasabah BRI Pakai ATM dan Kamera Rahasia

Ilustrasi rupiah.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA – Kepolisian Daerah Metro Jaya telah berhasil membongkar kasus raibnya uang puluhan nasabah Bank Rakyat Indonesia. Dalam pengungkapan ini, lima pembobol uang nasabah diringkus.

Menurut Kepala Unit IV Subdit Resmob dari Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, AKP Rovan Richard Mahenu, lima pelaku ditangkap di sejumlah lokasi berbeda di wilayah Provinsi Banten dan Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Selain menangkap lima pelaku, di lokasi penangkapan polisi juga menemukan peralatan yang dipakai pelaku untuk menyedot uang milik nasabah dari rekening BRI.

"Sejumlah alat untuk membuat deepakimmer," kata AKP Rovan Richard Mahenu saat dikonfirmasi, Jumat, 16 Maret 2018.

Alat-alat itu di antaranya, satu buah deepskimmer yang sudah jadi, satu buah encorder, tiga buah spy cam atau kamera rahasia dan ribuan kartu Anjungan Tunai Mandiri alias ATM.

Rovan mengatakan, ribuan kartu ATM itu sudah diisi dengan data curian oleh pelaku. "Ada seribu empat ratus empat puluh tujuh buah kartu ATM," ucap dia.

Hingga kini, para pelaku masih berada di Markas Polda Metro Jaya. Mereka masih diperiksa intensif.

Lima pembobol bank ditangkap setelah polisi melakukan perburuan selama sepekan. Kelima pelaku ditangkap di sejumlah lokasi berbeda di Indonesia.

Kelimanya ditangkap di DE PARK Cluster Kayu Putih Blok AB 6 No.3, Serpong, Tangerang, Bohemia Vilage 1 No.57, Serpong Tangerang, Hotel Grand Serpong, Tangerang, dan Hotel De’ Max Lombok tengah, Nusa Tenggara Barat.

Baca: Ternyata Uang Nasabah BRI Raib Dibobol Warga Asing