Malam Tahun Baru, Polri Siapkan Rekayasa Lalu Lintas di Jakarta

Malam tahun baru di Tugu Monas, Jakarta Pusat.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan

VIVA – Polri mempersiapkan skema rekayasa lalu lintas di beberapa titik lokasi keramaian saat malam pergantian tahun baru 31 Desember 2018 mendatang. Rekayasa lalu lintas ini dilakukan untuk menjaga keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran arus lalu lintas.

Kepala Korps Lalu Lintas Polri Inspektur Jenderal Polisi Refdi Andri menjelaskan, ada beberapa titik yang akan menjadi lokasi keramaian saat malam pergantian tahun baru. Salah satunya Jalan MH Thamrin.

"Dari Bundaran Hotel Indonesia (HI) nanti sampai patung kuda Monas akan ada berkumpulnya massa saat malam tahun baru. Tentunya akan ada pengamanan yang ketat di sana demi keamanan masyarakat," kata Refdi kepada wartawan, Rabu, 26 Desember 2018.

Refdi melanjutkan, selain pengamanan nantinya di jalan tersebut akan diberlakukan car free night. Pengamanan ini seperti yang diterapkan pada tahun lalu, kemudian akan diberlakukan pengalihan arus.

"Untuk itu diimbau kepada masyarakat agar memaklumi bagaimana kita melakukan rekayasa lalu lintas tersebut. Nantinya personel Polantas pun akan disiagakan di lokasi," jelasnya.

Kemudian, lanjut dia, titik keramaian lain adalah Ancol dan TMII yang juga menjadi idola masyarakat Jakarta.  "Dari sisi keamanan dan pengamanan di beberapa kawasan itu, yakni HI-Thamrin dari tutup Monas hingga pagi kami siapkan pengamanan. Begitu juga Ancol dan TMII," ujarnya.