Depo Belum Rampung, Dirut LRT Pastikan Operasional Kereta Akhir Maret

Kereta api ringan atau Light Rail Transit (LRT) melintas saat uji coba di lintasan koridor Kelapa Gading-Velodrome, Jakarta, Sabtu, 16 Februari 2019.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

VIVA – PT Light Rail Transit (LRT) saat ini terus mengebut pekerjaan proyek pembangunan kereta cepat LRT fase I rute Veledrome - Kelapa Gading, Jakarta. Proyek LRT sepanjang 5,8 km itu ditargetkan selesai Maret 2019.

Direktur Utama PT Light Rail Transit (LRT) Allan Tandiono menyatakan, pekerjaan proyek kereta cepat LRT Jakarta rute Veledrome-Kelapa Gading sudah hampir rampung. Saat ini, PT LRT tengah menggenjot pekerjaan Depo LRT di kawasan Pegangsaan Dua, Kelapa Gading.

Meski pembangunan Depo LRT itu belum selesai pada Maret mendatang, dia memastikan operasional kereta cepat LRT fase I itu sudah bisa berjalan di akhir Maret 2019.

"Depo kita kan sangat besar ya. Depo kita kan untuk 116 km seluruh koridor LRT Jakarta. Untuk pengoperasian awal 5,8 km itu tidak begitu masalah untuk melanjutkan operasionalnya dan pengujian secara full oleh Kemenhub," kata Allan, di Stasiun LRT Veledrome, Rawamangun, Jakarta Timur, Senin 25 Februari 2019.

Ia menambahkan, operasional LRT fase I dengan jarak tempuh 5,8 km masih minim perawatan. Meski belum rampung sepenuhnya, pembangunan Depo LRT sudah bisa digunakan untuk parkir dan mencuci rangkaian kereta cepat atau LRT.

"Sudah ada perawatan 5,8 km ini dan sedang diuji oleh Kemenhub, termasuk sistemnya itu karena yang paling kritikal adalah sistem perkeretaapiannya, untuk memastikan lima menit sampai. Ya harus pasti 5 menit jangan sampai lebih. Hal itu yang lagi kami pastikan," ujar Allan.

Untuk diketahui, kereta cepat LRT Jakarta fase I rute Veledrome - Kelapa Gading akan melewati enam stasiun yang sudah hampir selesai proses pembangunannya. Enam stasiun itu adalah Stasiun Veledrome, Stasiun Equestrian, Stasiun Pulo Mas, Stasiun Boulevard Selatan, Boulevard Utara, dan terakhir Stasiun Pegangsaan Dua, Kelapa Gading.

"Depo kami di Pegangsaan Dua. Sekarang lagi proses pengerjaan. Sementara mungkin nanti hanya sampai Stasiun Boulevard Utara dulu rangkaian keretanya, sampai proses pekerjaan yang di Depo Pegangsaan Dua selesai," lanjut Allan. (ren)