Anies Soroti Proyek LRT Bikin Saluran Air Mampet Saat Hujan di Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Adinda Purnama Rachmani

VIVA – Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan peninjauan ke proyek pembangunan infrastruktur di Jakarta, yang telah menyebabkan saluran air terhambat sehingga menimbulkan genangan saat hujan.

Anies menegaskan, akan memberikan peringatan keras kepada kontraktor-kontraktor proyek LRT Jabodebek maupun ruas tol Becakayu agar mematuhi aturan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan yang telah disepakati bersama.

"Pagi ini saya menginspeksi lokasi-lokasi yang menjadi tempat pembangunan yang menutup saluran air sehingga ketika hujan deras dengan volume besar seperti kemarin, terjadi genangan yang cukup lama. Kita temukan bahwa saluran-saluran air kita tertutup oleh pilar-pilar pembangunan LRT," ucap Anies di Kawasan Pancoran, Jakarta Selatan, Kamis, 6 April 2019.

Anies pun akan terus memantau perkembangan dari proyek infrastruktur tersebut, agar segera membuat saluran air.  Ia berharap pihak kontraktor akan terus mematuhi peraturan yang sudah tercantum di AMDAL.

"Saya akan pantau. Dan saya minta Adhi Karya untuk lebih cepat di dalam mengantisipasi. Ini semua ada di AMDAL. Ketika menyusun AMDAL, itu ada kewajiban-kewajiban untuk mereka menyiapkan semua instrumen pencegah banjir," tutupnya.

Diketahui, dalam peninjauannya di pembangunan LRT daerah Cawang,  Anies menemukan saluran air yang ada telah tertutup lumpur akibat penggalian proyek.