Cegah Balap Liar Saat Ramadan, Polisi Patroli Wilayah

Aksi balapan liar.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Kepolisian akan terus melakukan patroli terhadap para pembalap liar sepeda motor, di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya selama bulan suci Ramadan. 

"Untuk balap liar itu satuan wilayah Polsek patroli, kalau balap liar yang sifatnya masif akan dilakukan kegiatan antisipasi oleh Polda," ujar Kepala Subdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya Komisaris Polisi Muhammad Nasir saat dikonfirmasi VIVA di Jakarta, Senin, 6 Mei 2019. 

Sebenarnya, menurut dia, masalah kegiatan balap liar itu dapat diatasi oleh satuan wilayah tingkat Polsek, ditambah personel Bhabinkamtibmas.

Ia menuturkan, bisa saja balap liar yang dilakukan oleh para anak muda itu terjadi di berbagai ruas jalan Ibu Kota. "Balap liar itu hanya situasional, bukan balap liar yang sifatnya terencana. Balap liar itu kalau ada yang ngumpul. Tidak merupakan sebuah agenda yang pasti," ujarnya. 

Semakin banyak penonton maka pemotor akan tertarik untuk balapan. Aksi itu biasa dilakukan dini hari, sekitar pukul 01.00-03.00 dan pukul 05.00-06.00 WIB. 

Polisi telah melakukan pemetaan terhadap beberapa lokasi yang kerap digunakan untuk balap liar. Di antaranya, di ruas jalan depan Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur; di Jalan Benyamin Suaeb, Kemayoran; di Jalan Asia Afrika, Senayan, Jakarta; di Kembangan, Jakarta Barat.