Warga Jakarta Merasakan Kuatnya Getaran Gempa Banten

Gempa Bumi di Lebak, Banten Terasa di Jakarta.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarok A

VIVA – Warga Jakarta dan sekitarnya merasakan gerataran gempa selama beberapa detik pada Jumat malam, 2 Agustus 2019. Gusat gempa hari ini di wilayah Banten dengan mangnitudo 7,4, tepatnya di Sumur, Banten, pada kedalaman 10 kilometer.

Maulida, warga Kramat Sentiong, Jakarta Pusat, merasakan getaran gempa saat berada di lantai dua rumahnya. Sejumlah informasi lain melalui sosial media juga menyampaikan getaran gempa yang dirasakan masyarakat.

"Terasa bergetar, bergoyang pelan. Cuma beberapa detik ajah sih,” katanya kepada VIVAnews.

Seperti di wilayah, Depok, Cibubur, Tangerang Selatan, Tangerang. Dengan getaran gempa yang dirasakan, banyak warga langsung mengunjungi situs www.bmkg.go.id. Sehingga situs resmi pemerintah itu sulit untuk diakses.

Getaran gempa sebelumnya dirasakan warga Jakarta saat gempa mengguncang Bayah, Banten, Minggu malam. Gempa dirasakan warga di kawasan Lenteng Agung dan kawasan TB Simatupang, Jakarta Selatan. Mereka merasakan gempa dalam waktu singkat, atau hanya sekitar tiga detik saja.

Sejumlah warga yang masih berada di gedung-gedung tinggi, merasakan goyangan ringan dalam waktu yang cepat. Meski begitu, guncangan ini tidak begitu membuat warga panik.

Dari infromasi resmi yang disebar Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa bumi dengan magnitudo 5,2, yang lalu dimuktahirkan menjadi magnitudo 5,0, terjadi di wilayah Bayah, Banten. Gempa terjadi pada pukul 21.25 WIB, Minggu 28 Juli 2019.

Gempa terjadi pada kedalaman yang cukup dangkal, 10 kilometer. Gempa terjadi pada 7,42 lintang selatan dan 106,03 bujur timur. Dapat dipastikan gempa ini tidak berpotensi tsunami. Karena itu masyarakat diimbau untuk tetap tenang dan tidak mempercayai informasi selain dari BMKG. (ren)