Gempa Banten Goyang Jakarta, Warga di Mal FX Sudirman Berhamburan

Kepanikan akibat gempa Banten mengguncang hingga Jakarta.
Sumber :
  • VIVA/Isra Berlian

VIVA – Sejumlah warga yang sedang berada di pusat berbelanja panik berhambur saat guncangan gempa berkekuatan 7,4 SR yang berpusat di Banten mereka rasakan pada Jumat malam, 2 Agustus 2019.

Pantauan VIVAnews di Mal FX Sudirman, warga sempat berlarian saat pertama-tama getaran gempa mereka rasakan. Banyak warga panik dan berebut untuk keluar dari mal tersebut.

Tapi setelah geteran gempa berhenti, terlihat hampir sebagian besar justru merekam kondisi yang terlihat di mal tersebut. Mereka mengabadikan bagiamana kepanikan warga yang ingin berusaha keluar dari dalam mal.

Menurut BMKG, pusat gempa berada di 147 KM barat daya Sumur Banten. Magnitude 7,4 SR. Kedalaman 10 km. Potensi Tsunami. Meski begitu, masyarakat diminta untuk tenang dan segera mengikuti imbauan lanjutan dari petugas kepolisian di lapangan.


Warga Jakarta dan sekitarnya merasakan gerataran gempa selama beberapa detik pada Jumat malam, 2 Agustus 2019. Namun belum diketahui secara pasti dimana pusat gempa terjadi.

Maulida, warga Kramat Sentiong, Jakarta Pusat, merasakan getaran gempa saat berada di lantai dua rumahnya. Sejumlah informasi lain melalui sosial media juga menyampaikan getaran gempa yang dirasakan masyarakat.

"Terasa bergetar, bergoyang pelan. Cuma beberapa detik saja sih,” katanya kepada VIVAnews.

Seperti di wilayah, Depok, Cibubur, Tangerang Selatan, Tangerang. Dengan getaran gempa yang dirasakan, banyak warga langsung mengunjungi situs www.bmkg.go.id. Sehingga situs resmi pemerintah itu sulit untuk diakses.

Getaran gempa sebelumnya dirasakan warga Jakarta saat gempa mengguncang Bayah, Banten, Minggu malam. Gempa dirasakan warga di kawasan Lenteng Agung dan kawasan TB Simatupang, Jakarta Selatan. Mereka merasakan gempa dalam waktu singkat, atau hanya sekitar tiga detik saja.