Melongok Garasi Rumah BJ Habibie

Halaman rumah BJ Habibie
Sumber :
  • VIVA/ Ayu Utami

VIVA – Kabar duka datang dari Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Subroto, Jakarta. Mantan Presiden ke-3, BJ Habibie mengembuskan napas terakhir pada Rabu 11 September 2019, sekitar pukul 18.05 WIB.

Habibie sebelumnya sudah beberapa kali dirawat di rumah sakit. Menurut pihak keluarga, kondisi tubuhnya sudah sepuh alias menua, sementara otak encernya masih terus memikirkan banyak kreasi.

Pria kelahiran Parepare, Sulawesi Selatan pada 25 Juni 1936 itu memang dikenal sebagai salah satu ilmuwan tenar. Kepintarannya bahkan diakui oleh banyak negara, mulai dari Jepang, Amerika Serikat, hingga Jerman.

Nama Habibie juga dikenal sebagai tokoh dirgantara Indonesia. Ia dikenal sebagai perancang pesawat terbang R80 dan N250 Gatotkaca.

Baca juga: BJ Habibie Meninggal Dunia

Bicara soal rumah, ternyata seleranya juga tidak jauh dari unsur kecerdasan dan jiwa nasionalisme. Berdasarkan video yang diunggah di laman YouTube oleh Kevin Hendrawan, dilansir Rabu 11 September 2019, rumah Habibie di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan didominasi unsur kayu khas rumah adat.

Pada bangunan pertama, tampak miniatur kepulauan Tanah Air dipajang di lantai yang dilapisi kaca. Pada setiap dinding, ada hiasan yang mencerminkan beberapa ciri khas dari suku-suku yang ada di Indonesia, mulai dari Jawa, Sumatera, Sulawesi, dan Papua.

Nuansa kayu juga terlihat di bangunan kedua, yang sering dipakai untuk pertemuan keluarga dan tamu. Ada sebuah taman dengan konsep ilmu pengetahuan dan teknologi, yang dihiasi beberapa patung. Salah satunya, patung Ganesha.

Namun, ada yang aneh di garasi rumah tersebut. Di ruangan itu, berjejer kendaraan koleksi Habibie, mulai dari sepeda motor hingga mobil. Saking banyaknya kendaraan, tempat itu disebut-sebut mirip seperti lantai dasar pusat perbelanjaan.