Malam Tahun Baru, Jalur Puncak Bogor Steril Kendaraan Selama 12 Jam

Kemacetan di jalur Puncak, Bogor
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

VIVA – Bagi masyarakat yang mau menikmati malam pergantian tahun 2019 di kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat. Tentu harus berangkat dari sore hari Selasa, 31 Desember 2019. Soalnya, jalur Puncak bakal ditutup atau diterapkan car free night selama 12 jam.

Ternyata, car free night bukan cuma diterapkan bagi pengendara roda empat saja. Tapi, berlaku juga untuk kendaraan roda dua. Sehingga, kawasan Puncak steril hanya diperbolehkan untuk pejalan kaki seperti di tempat-tempat lain.

“(Car free night) itu steril kendaraan. Motor juga tidak boleh. Semua jalan kaki seperti di tempat tampat lain. Ini steril semua,” kata Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono, dikutip dari laman VIVAnews pada Minggu, 29 Desember 2019.

Menurut dia, penutupan dua arah di kawasan Puncak (arah Jakarta ke Puncak dan sebaliknya) akan dilakukan pada 31 Desember 2019 mulai pukul 18.00 WIB dan dibuka lagi pada 1 Januari 2020, pukul 06.00 WIB.

“Masyarakat yang mau menuju Puncak harus sudah paham tentang hal ini dari jauh-jauh hari. Harus mempersiapkan sebelum pukul 18.00 sudah ke atas semua bila mau liburan ke Puncak," ujarnya.

Namun, Istiono mengatakan petugas akan memberikan izin bagi kendaraan yang sifatnya emergency atau darurat untuk melaju di kawasan Puncak pada 31 Desember 2019.

"Tentu, itu prioritas ya. Mobil ambulans, pemadam dan bila ada emergency diperlakukan khusus dengan pengawalan," jelas dia.

Sementara, Istiono mengimbau masyarakat yang mau menuju Cianjur dan Bandung saat penutupan, supaya melalui jalur-jalur alternatif.

"Tidak ada pengalihan (jalur alternatif). Memang ditutup ke arah atas. Kalau mau ke Bandung melalui Sukabumi, Jonggol dan lain-lain," katanya.