Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Rabu, 22 Januari 2020 | 21:15 WIB

Warga DKI Diminta Waspada Potensi Virus Corona

Team VIVA »
Jujuk Ernawati
Fajar Ginanjar Mukti
Foto :
  • U-Report
Coronavirus.

VIVA – Virus Corona yang menyebar dari Wuhan, China telah menginfeksi hampir 300 orang dan enam orang meninggal dunia. Virus misterius itu bahkan dikonfirmasi telah masuk ke Amerika Serikat. 

Seorang warga A yang tiba di Seattle dari China didiagnosis terinfeksi virus tersebut. Selain di AS, kasus ini diidentifikasikan di Thailand, Jepang, Korea Selatan, dan Taiwan. 

Baca Juga

Terkait hal itu, Pemprov DKI meminta warga Jakarta secara khusus supaya mulai waspada atas adanya potensi virus corona yang diduga berasal dari Wuhan, mulai masuk ke ibu kota. Menurut Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Dwi Oktavia, Pemprov DKI bersama dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mulai mengambil langkah kewaspadaan virus tersebut masuk ke Jakarta.

"Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta mengimbau seluruh warga Jakarta waspada terhadap wabah pneumonia berat yang berawal dari Kota Wuhan," kata Dwi dalam keterangannya, Rabu, 22 Januari 2020, dikutip dari VIVAnews.

Terpopuler

Baca juga:

Yasonna Akhirnya Minta Maaf ke Warga Tanjung Priok, Begini Faktanya

Ratu Keraton Sejagat Aktivis HMI dan Pendiri Laskar Merah Putih

Wan Sehan Ajak Ahmad Dhani Muter Komplek Sambil Tebar Jagung

Dia menuturkan, berdasarkan data internasional, tercatat ada 224 kasus di seluruh dunia dengan kematian di Jepang, Korea Selatan, dan Thailand. Komunitas medis internasional pun menyatakan bahwa virus tersebut bisa menular, namun belum ada vaksin yang mampu menangkalnya. Bahkan, virus ini bisa menular antarmanusia meski secara terbatas.

Dwi menyatakan Pemprov DKI bersama Kemenkes mengaktifkan pemindai tubuh di pintu-pintu masuk internasional di Jakarta. Selain itu, memberi instruksi kepada seluruh rumah sakit untuk siaga, dan memberi edukasi kepada masyarakat atas potensi penyebaran virus yang dinamai Novel Corona ini.

"Sampai tanggal 22 Januari 2020, belum ditemukan penderita pneumonia akibat virus baru Novel Coronavirus (nCoV) di DKI Jakarta," ungkap Dwi.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Terpapar Corona, Ini Data Tenaga Medis Meninggal Dunia
TVONE NEWS - sekitar 1 bulan lalu
Terbaru