Pasien Corona yang Kabur Ditemukan, Kini Diisolasi di RS Polri

Penyemprotan disinfektan guna mencegah penyebaran COVID-19 atau Virus Corona.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Fauzan

VIVA – Satu pasien positif virus corona alias COVID-19 yang sempat kabur dari ruang isolasi RSUP Persahabatan, Jakarta, telah berhasil ditemukan dan kini dipindahkan untuk diisolasi di Rumah Sakit Polri Kramat Jati, Jakarta Timur.

Menurut Direktur Utama RSUP Persahabatan, dr Rita Rogayah, pasien yang kabur itu sempat dibawa ke RSUP Persahabatan. Namun akhirnya dirujuk ke ruang isolasi RS Polri.

"Pasien itu lebih baik dirawat di RS Polri karna membutuhkan pengawasan khusus, kami tidak bisa karena kami merawat banyak pasien." ujar dr Rita Rogayah, Sabtu 14 Maret 2020.

Rita menuturkan pasien dirujuk ke RS Polri semalam dan dibawa petugas dari Dinas kKsehatan DKI Jakarta. Ia juga menjelaskan secara rinci kronologis pasien tersebut saat masuk ke RSUP Persahabatan.

"Pasien itu pas datang ks RSUP Persahabatan dibawa oleh Dinkes DKI," ujarnya.

Rita menceritakan, pasien itu kabur dari RSUP Persahabatan dan langsung pulang ke rumahnya. Lalu, petugas dari Dinkes DKI mendatangi pasien dan membawanya kembali. Awalnya pasien itu sempat menolak dan pasien sempat diisolasi di rumahnya.

"Selama pemantauan di rumah, pasiennya kayaknya enggak mungkin nih, koordinasi dengan Dinkes DKI dibawa kembali. Jadi kalau ditanya saat ini ada pasiennya enggak di RS Persahabatan, kami jawab tidak." ujar dr. Rita.

Seperti diberitakan sebelumnya, kabar pasien corona yang disebut melarikan dari RSUP Persahabatan bikin heboh. Petugas rumah sakit mengklaim, tak tahu jika pasien tersebut pergi. Kabarnya, ia dijemput keluarga.

Diduga, yang bersangkutan melarikan diri karena merasa takut, saat tahu ruang isolasi di RSUP Persahabatan berisi 2 pasien.

Juru bicara tim dokter pasien corona COVID-19 RSUP Persahabatan, Erlina Burhan, menjelaskan, pasien tersebut kabur saat petugas RS tampak lengah. Ia juga disebut keluar diam-diam dan pergi bersama keluarganya yang sudah menunggu. 

"Jadi, kan ada pintu masuk, diam-diam dia keluar dan sudah ditunggu sama keluarga," kata Erlina kepada wartawan di RSUP Persahabatan, Jumat, 13 Maret 2020.

Baca: DPR Desak Anies Baswedan Segera Lockdown Jakarta