Bekasi Gelar Drive Thru Virus Corona, Hasil Tes Keluar Dalam 15 Menit

Tim kesehatan kabupaten Bekasi jalani drive thru Jumat 27 Maret 2020
Sumber :
  • VIVAnews/Dani

VIVA – Puluhan pengendara di Kabupaten Bekasi jalani rapid test COVID-19 dengan sistem drive thru di area Stadion Wibawa Mukti Kabupaten Bekasi, Jumat 27 Maret 2020. Hasilnya, dalam pemeriksaan cepat itu 77 orang dinyatakan negatif.

"Pemeriksaan drive thru ini sebagai kategori B yakni bagi mereka yang profesinya sangat tinggi berinteraksi di masyarakat," kata Juru Bicara Pusat Informasi dan Koordinasi Penanganan COVID-19 Kabupaten Bekasi, Alamsyah, Jumat 27 Maret 2020.

Cara kerja tim kesehatan ini, kata Alamsyah, para peserta tes diambil sampel darahnya dan langsung diuji menggunakan alat berupa testpack khusus. Hasilnya dapat langsung diketahui sekitar  10–15 menit kemudian. "Untuk jumlah peserta kategori B ini mencapai 77 orang," katanya.

Bahkan, pemeriksaan kali ini diakui Alamsyah, menyasar ke sejumlah kendaraan roda empat dan roda dua. Sehingga, kata Alamsyah, pemeriksaan ini tidak mengundang kerumunan massa.

Perlu diketahui, tujuan diadakannya pelaksanaan tes cepat COVID-19 di Kabupaten Bekasi adalah untuk memastikan peta sebaran kasus COVID-19, yang ada di wilayah Kabupaten Bekasi dan memutus mata rantai penyebarannya, serta menentukan tindakan medis lanjutan.

Berdasarkan data sebelumnya, pasien meninggal karena corona mencapai 5 orang. Sedangkan, pasien positif mencapai 15 orang. 11 orang di antaranya masih dirawat, satu orang sembuh, dan tiga orang meninggal.

Total Orang dalam Pemantauan (ODP) mencapai 112 orang. Tapi 22 orang sudah selesai pemantauan, sisanya 90 orang masih pemantauan. Kemudian, pasien dalam pengawasan berjumlah 56 pasien. 49 orang di antaranya masih diawasi, 7 orang sudah selesai diawasi.