Anies: Mal di Jakarta Buka 5 Juni, Itu Imajinasi

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan paparkan kasus COVID-19.
Sumber :
  • VIVA.co.id

VIVA – Sempat beredar kabar sejumlah mal di Jakarta akan beroperasi kembali pada 5 Juni 2020. Mengenai kabar ini, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tegaskan, mal-mal di ibu kota, tidak akan segera dibuka di awal Juni 2020. 

Menurut Anies hingga kini, belum ada keputusan terbaru tentang situasi Jakarta normal pasca berakhirnya kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB periode ketiga 4 Juni 2020. 

"Jadi saat ini kalau ada yang mengatakan bahwa mal akan buka tanggal 5, mal akan buka tanggal 7, itu imajinasi, itu fiksi," ujar Anies dikutip dari YouTube Pemprov DKI pada Rabu, 27 Mei 2020.

Anies menyampaikan, pada tanggal itu, tetap ada kemungkinan PSBB kembali berlanjut. Pemerintah, belum memutuskan masa darurat COVID-19 berakhir dengan selesainya PSBB periode ini.

Baca Juga: Catat, Daftar Mal di DKI yang Kembali Beroperasi 5 dan 8 Juni 2020

"Belum ada aturan mana pun yang mengatakan PSBB diakhiri," ujar Anies.

Anies juga mengemukakan, pemerintah, terus memantau kurva perkembangan COVID-19 selama PSBB tahap ini. PSBB bisa berakhir, jika kasus virus corona terus menurun di Jakarta. Ketika itulah, kemungkinan mal-mal di Jakarta akan dibuka. 

"Saya selalu mengatakan PSBB ini bisa PSBB penghabisan, tapi bisa juga diperpanjang. Tergantung pantauan atas kegiatan masyarakat selama dua minggu," ujar Anies.