Hebat, Kota Bekasi Jadi Percontohan New Normal

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi
Sumber :
  • VIVA/Eko Priliawito

VIVA – Kota Bekasi menjadi kota percontohan sejumlah deerah new normal. Apalagi, wilayah penyanggah DKI Jakarta ini disebut-sebut tingkat reproduction number atau RO virus Corona di bawah 1.

"Kami sudah menerapkan tiga kali PSBB. Sekarang ini pak Presiden Joko Widodo sudah masuk new normal atau tatanan kehidupan baru," kata Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi, Rabu 27 Mei 2020.

Menurut Rahmat, Kota Bekasi telah menjadi kota percontohan untuk membuka sarana pusat perbelanjaan karena R0 Kota Bekasi pada angka 0,71.

Kata dia, untuk yang kali pertama dialihkan adalah ekonomi kecil (tenant) yang sudah ada agar bisa tumbuh. Mal dilakukan secara bertahap setelah DKI. "Karena kami khawatir kalau kami buka, warga DKI malah ke sini," ucapnya.

R0 atau reproduction number merupakan jumlah ekspektasi dari kasus kedua yang dihasilkan dari satu penderita yang mempunyai kemampuan menularkan penyakit pada saat suatu penyakit masuk dalam sebuah populasi sehat selama masa infeksi.

Salah satu contohnya ketika kasus Corona COVID-19 di suatu daerah memiliki R0= 2, bisa diartikan 1 orang yang positif Corona bisa menularkan 2 orang yang sehat. Namun, R0=2, jumlah orang yang terpapar virus Corona akan ada 256 orang yang positif. Kemudian setelah 10 putaran, jumlah tersebut naik menjadi 2.048 orang.

Sebelumnya Rahmat mengaku, akan segera membuka sarana ibadah pekan depan. Namun, seluruh rumah ibadah itu harus masuk katagori zona hijau. Dan selain itu Bekasi harus tetap memprioritaskan protap kesehatan saat new normal.

Baca juga: Driver GoCar Dihajar Polisi Muda Sampai Babak Belur