Jakarta Rayakan HUT ke-493 Secara Virtual Selama 2 Minggu

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan
Sumber :
  • VIVA/FajarGM

VIVA – Kota Jakarta memperingati Hari Ulang Tahun ke-493 pada Senin, 22 Juni 2020. Di tengah pandemi wabah corona, tak ada perayaan seperti tahun-tahun sebelumnya. Namun, Pemerintah Provinsi DKI mengadakan konser virtual untuk memperingati Dirgahayu Kota Jakarta.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan, situasi pandemi membuat perayaan HUT ke-493 Kota Jakarta tidak dilakukan di tempat terbuka seperti tahun-tahun sebelumnya. Biasanya, ada Jakarta Fair, karnaval dan konser. Namun, semua sekarang perayaan dilakukan virtual.

"Mulai hari Sabtu kemarin sampai sekarang, ada tur Jakarta secara virtual, kegiatan kesenian konser musik amal virtual. Kita memang ingin perayaan tetap jalan, tapi risiko dikurangi," kata Anies dikutip dari tvOne pada Senin, 22 Juni 2020.

Menurut dia, kemungkinan perayaan HUT Kota Jakarta tahun ini dilakukan secara virtual selama dua minggu. Sementara, Anies mengatakan tema yang diangkat terkait dengan situasi pandemi corona yakni 'Jakarta Tangguh'.

"Tahun ini kita diberikan tantangan yaitu ada COVID-19. Kita Jakarta berisi orang-orang tangguh, masyarakat Betawi terbuka selalu hangat menyambut orang dari mana saja. Orang datang ke sini adalah orang yang berani, tidak takut tantangan," ujarnya.

Sementara, Anies melalui Youtube menyampaikan di Hari Ulang Tahun Kota Jakarta, 22 Juni 2020 ini adalah momen untuk menunjukkan tentang Jakarta yang tetap tangguh, Jakarta yang akan selalu lebih solid dan Jakarta yang akan tetap ada untuk semua.

"Jakarta adalah kota yang tangguh. Mereka yang datang ke sini dan berada di Jakarta adalah orang-orang yang tangguh, orang-orang yang berani menghadapi tantangan. Kita perlu yakin, bahwa ketangguhan bisa membawa kita melewati tantangan apapun, termasuk wabah yang sedang kita hadapi saat ini," kata Anies yang dikutip dari Youtube.

Baca juga: Diskon Gede-gedean di Jakarta Great Online Sale 2020, Ini Daftarnya

Menurut dia, situasi ini memberikan waktu untuk menganalisa kelemahan dan memoles keunggulan. Hingga pada waktunya nanti, kata dia, saat wabah berlalu bisa melontar cepat melampaui apa yang sudah dicapai selama ini.

Di samping itu, Anies mengatakan masa-masa ini bukan penderitaan tapi momentum berhenti sejenak dalam etape panjang perjalanan kemajuan bangsa dan dalam perjalanan kemajuan Kota Jakarta.

"Sedikit lagi atas izin Allah yang Maha Melindungi, Insya Allah kita akan bisa melewati ini semua, dan kita menjadi kota yang lebih hebat lagi. Selamat ulang tahun Jakarta," tandasnya.