CFD Rawamangun Diramaikan Warga, Sejak Pukul 5 Pagi Sudah Berdatangan

CFD di Jalan Pemuda Rawamangun
Sumber :
  • VIVAnews/Kenny Putra

VIVA – Ratusan warga tampak memadati zona Car Free Day (CFD) di Jalan Pemuda, Rawamangun, Jakarta Timur pada hari pertama pelaksanaan persebaran CDD di Jakarta. Diketahui CFD di Sudirman-Thamrin sudah dihentikan untuk sementara waktu. 

Sejak pukul 05.00 WIB warga sudah mulai berdatangan ke  kawasan Pemuda Rawamangun. Selain untuk bersepeda, terlihat warga berolahraga seperti bermain bulutangkis di trotoar kawasan Velodrome yang terletak di Jalan Pemuda.

Sejumlah warga mengaku sangat senang dapat kembali melaksanakan kegiatan olahraga setelah tiga bulan dihentikannya kegiatan CFD di sana.

"Rasanya senang banget ya setelah tiga bulan dikurung aja. Sekarang saya bisa berolah raga lagi. Selain jalan santai, kita juga gowes sepeda," ujar warga bernama Karsila di Rawamangun, Jakarta pada Minggu 28 Juni 2020.

Meski demikian, dalam pelaksanaan CFD, petugas tetap memberikan sanksi kepada warga yang tidak mengenakan masker saat melaksanakan kegiatan olahraga. Selain memberikan sanksi, petugas yang bersiaga di lokasi juga memberikan sosialisasi kepada warga terkait aturan pelaksanaan CFD selama pandemi Corona COVID-19.

"Kami tetap mengingatkan masyarakat protokol kesehatan ya karena ini masa pandemi. Kami mengerahkan seluruh anggota untuk mengantisipasi pelanggar protokol kesehatan," ujar Asisten Perekonomian, Pembangunan dan Lingkungan Hidup Pemkot Jakarta Timur, Kusmanto di Jakarta.

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta menghentikan sementara kegiatan CFD yang terpusat dikawasan Sudirman-thamrin. Di wilayah Jakarta Timur sendiri terdapat 5 titik yang dijadikan kawasan CFD yakni Jalan Pemuda, Kecamatan Rawamangun, Jalan RA Fadilah, Jalan Inspeksi Kanal Banjir Timur, Jalan Raden Inten dan kemudian Jalan Bina Marga.

Baca juga: Ahok Ungkap Gajinya di Pertamina Rp170 Juta, Pas Gubernur Rp7 Juta