Kereta ke Bandara Soekarno-Hatta Hari ini Beroperasi Lagi

Sejumlah penumpang berjalan keluar dari kereta api bandara di stasiun BNI City, Jakarta, Selasa, 9 April 2019.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

VIVA – Kereta rute Jakarta - Bandara Soekarno-Hatta di Tangerang kembali beroperasi mulai hari ini, 1 juli 2020. PT Railink sebagai pengelola menerapkan tarif promo serta penerapan protokol kesehatan cegah covid-19 bagi petugas dan penumpang.

Kereta bandara itu sempat berhenti beroperasi selama 12 April hingga 30 Juni karena pandemi covid-19. Walau kini kembali dibuka dalam menyambut tata normal baru (new normal), operasional kereta saat ini baru dibatasi 50 perjalanan saja dalam sehari. 

Menurut Direktur Commercial PT Railink, Indah Suryandari, guna menarik kembali minat pengguna kereta bandara, pihaknya memberlakukan tarif promo harga tiket mulai dari Rp10 ribu. Selain itu juga diterapkan protokol kesehatan cegah covid-19 di stasiun dan kereta. 

"PT Railink telah menyusun langkah-langkah adaptasi kebiasaan baru yang harus dipatuhi oleh penumpang, baik selama berada di dalam staisun maupun di dalam kereta. Dimulai dari pengecekan suhu tubuh, penggunaan hand sanitizer, tanda marka jaga jarak fisik hingga akrilik pembatas kursi di dalam kereta," ungkap Indah kepada jurnalis tvOne, Maria Assegaf.   

Sebelumnya, menurut Plt Direktur Utama PT Railink, Mukti Jauhari, Senin, 29 Juni 2020, tiket kereta bandara dapat dipesan secara online melalui aplikasi Railink, website, mitra Railink maupun secara offline di mesin tiket dan Point of Sales (POS) masing-masing stasiun. Pada tahap awal pengoperasian kembali, Railink hanya menjual tiket 70 persen dari kapasitas tempat duduk yang tersedia untuk menciptakan physical distancing selama dalam perjalanan.

Ketentuan itu berdasarkan Surat Edaran Ditjenka Kemenhub No. 14 Tahun 2020 tanggal 8 Juni 2020 tentang Pedoman dan Petunjuk Teknis Pengendalian Transportasi Perkeretaapian dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru untuk Mencegah Penyebaran Covid-19.

Sementara itu, untuk operasional kereta rute Medan - Bandara Kualanamu Sumatera Utara masih belum kembali dijalankan. Pihak pengelola masih menunggu evaluasi dari pihak terkait.